PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN MELALUI GRUP DI FACEBOOK

Molaga .

Abstract

Proses pembelajaran sangat penting bagi mahasiswa untuk meningkatkan pengetahuan. Adapun untuk meningkatkan proses pembelajaran yang beragam maka Facebook sebagai salah satu solusi dalam mengembangkan proses pembelajaran tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana persepsi mahasiswa terhadap pembelajaran melalui grup di Facebook dan untuk mengetahui seberapa efektif peran Facebook sebagai media pembelajaran yang diterapkan oleh mahasiswa ilmu komunikasi Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian kualitatif. Sampel penelitian menggunakan purposive sampling dengan 10 informan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan oleh peneliti adalah wawancara. Metode analisa data yang di gunakan yaitu metode deskriptif, dimana mendeskripsikan hasil data yang diperoleh. Hasil penelitian membuktikan bahwa persepsi mahasiswa terhadap sistem pembelajaran melalui grup Facebook yaitu: a) Persepsi mahasiswa terhadap pembelajaran melalui grup Facebook diketahui 70% mahasiswa ilmu komunikasi mengatakan grup Facebook sebagai sarana mencari informasi untuk meningkatkan proses pembelajaran yang lebih baik. b) Persepsi mahasiswa ilmu komunikasi terhadap proses pembelajaran melalui grup Facebook efektif dengan persentase sebanyak 80% mahasiswa yang mengatakan bahwa grup Facebook sangat berperan penting sebagai media informasi dan pembelajaran untuk memudahkan mengetahui secara cepat dan jelas dalam proses pembelajaran. Dengan demikian untuk meningkatkan proses pembelajaran melalui grup Facebook, maka perlu diperhatikan penulisan bahasa dalam memberikan informasi yang tepat.

Kata kunci : Persepsi Mahasiswa, Efektifitas Pembelajaran dan Grup Facebook.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.