MANAJEMEN STRATEGI PENGEMBANGAN PARIWISATA DENGAN PENDEKATAN BLUE OCEAN STRATEGY

Vianda Kushardianti Muzha

Abstract

Persaingan industri pariwisata di Indonesia saat ini sangatlah ketat, setiap daerah berlomba untuk menonjolkan keunikannya tersendiri. Dengan adanya persaingan yang sangat ketat tersebut, Kota Batu berusaha keluar dari persaingan (red ocean) dengan menciptkan inovasi baru melalui konsep Blue Ocean Strategy. Blue Ocean Strategy adalah istilah dalam ilmu manajemen strategi yang merujuk pada siasat untuk menciptakan pasar baru yang belum dipenuhi persaingan yang ketat. Blue Ocean Strategy pada dasarnya adalah suatu siasat untuk menaklukan pesaing melalui tawaran fitur produk yang inovatif, yang selama ini justru luput dari perhatian para pesaing. Penelitian ini menggunakan metedologi kualitatif yang menggunakan hasil pengamatan, wawancara dan penelahaan dokumen. Sedangkan jenis penelitian dikategorikan penelitian deskriptif. Pendekatan kualitatif deskriptif ini untuk memudahkan penggalian secara mendalam mengenai manajemen strategi dalam pengembangan pariwisata dengan pendekatan Blue Ocean Strategy pada Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Batu. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengembangan pariwisata dengan pendekatan Blue Ocean Strategy belum diterapkan secara formal dan resmi, namun unsur-unsur yang ada dalam pendekatan Blue Ocean Strategy telah diadopsi oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Batu dalam mengembangkan kepariwisataan dengan menggunakan inovasi nilai.

Kata kunci: Manajemen Strategi, Blue Ocean Strategy, Pariwisata

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.