PERENCANAAN KESTABILAN DINDING PENAHAN STRUKTUR BATU KALI DAN BETON PADA RUAS JALAN MALANG-KEDIRI STA.12.500 KM

Joanico Da Silva Soares, esti widodo, kiki frida sulistyani

Abstract


ABSTRACT

To improve the stability of the slope, there are several methods that can be used, one atunya is to use the construction of retaining wall. Retaining wall is a construction which serves to hold lateral soil pressure caused by the soil behind the retaining wall. There are two types of retaining walls are often used in the field, namely the type of gravity and cantilever type. The purpose of this study is to analyze the stability of the landslide in the planning stone retaining walls and concrete structures on poor road - kediri sta.12.500 miles. Type retaining wall planned to use the back side of the retaining wall sloping because this type in accordance with the height of the river. Dimensional stable against the wall : Wallstable against soil bearing style = 288,05 > qa = 31,259 (Safe) stable against shear
walls = 1,6 > 1,5 (Safe) Wall stable against rolling style = 2,2 > 1,5 (Safe).

Keywords : Slope Stability, Retaining walls, Gravity.

ABSTRAK

Untuk meningkatkan stabilitas lereng, ada beberapa metode yang bisa
digunakan, salah atunya adalah dengan menggunakan konstruksi dinding penahan tanah. Dinding penahan tanah adalah konstruksi yang berfungsi untuk menahan tekanan tanah lateral yang ditimbulkan oleh tanah belakang dinding penahan tanah. Ada dua jenis dinding penahan tanah yang sering digunakan di lapangan, yaitu type gravitasi dan type kantilever. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisa longsoran pada perencanaan kestabilan dinding penahan struktur batu kali dan beton pada ruas jalan malang-kediri sta.12.500 km. Jenis dinding
penahan tanah yang direncanakan dengan menggunakan dengan dinding penahan tanah sisi belakang miring karena jenis ini sesuai dengan ketentuan ketinggian sungai. Dimensi dinding stabil terhadap : Dinding stabil terhadap gaya dukung tanah = 288,05 > qa = 31,259 (Aman) Dinding stabil terhadap gaya geser = 1,6 > 1,5 (Aman) Dinding stabil terhadap gaya guling = 2,2 > 1,5 (Aman).

Kata kunci : Stabilitas Lereng, Dinding Penahan, Gravitasi.

Full Text:

PDF

References


Das, B.M., Noor, E. dan Mochtar, I.B., 1983, Mekanika Tanah Jilid 2,

Penerbit Erlangga.

Das, B. M., 2011, Principle of Foundation Enggineering, 7th edition, Cengage Learning, Stamford USA.

Hakam, Abd, dan Mulya, R.P, 2011, Studi Stabilitas Dinding Penahan

Tanah Kantilever pada Ruas Jalan Silaing Padang Bukit Tinggi KM 64

+ 500, Jurnal Rekayasa Sipil Vol 7 Februari 2011, Universitas Andalas: Padang.

Ramadhani, Sriyati, 2010, Perencanaan Dinding Penahan Tipe Gravitasi pada Lokasi Bukit BTN Teluk Palu Permai, Jurnal Smartek, Vol. 8 No. 1

Februari, 2010: 34-39, Universitas tadulako: Palu.

Setiawan, Hendra, 2011, Perbandingan Penggunaan Dinding Penahan

Tanah Tipe Kantilever dan Gravitasi dengan Variasi Ketinggian Lereng,

InfrastrukturVol 1 No.2 Desember : 88-95, Universitas Tadulako: Palu.

Anonima. 2010. Longsoran Tebing Bengawan Solo Kian Parah. http://www.antaranews.com/view/?i=1148009494 & c = WBM & s = :

longsoran-tebing-bengawan-solo-kian-parah.html. Diakses pada tanggal

Nopember 2010

Wahyudi, Herman. 1999. Daya Dukung Pondasi Dalam. Jurusan Teknik Sipil ITS : Surabaya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 eUREKA



eUREKA : Jurnal Penelitian Teknik Sipil dan Teknik Kimia

ISSN 2548-771X (online)

Email : [email protected]

 

Editorial Office :
Fakultas Teknik, Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang

Jl. Telaga Warna Blok C, Tlogomas, MALANG 65144, Jawa Timur
Tel / fax : (0341) 565 500 / (0341) 565 522

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

 

View My Stats