HUBUNGAN PENGETAHUAN IBU TENTANG STIMULASI PERSONAL SOSIAL DENGAN PERKEMBANGAN SOSIAL PADA ANAK USIA PRASEKOLAH DI TK DHARMA WANITA KELURAHAN TLOGOMAS MALANG

Emy Murniati, Atti Yudiernawati, Ani Sutriningsih

Abstract

Tidak semua anak prasekolah dapat memenuhi perkembangan personal sosial, beberapa anak yang tidak mampu memenuhi perkembangan personal sosial akan memiliki tujuan atau melakukan aktifitas yang bertentangan dengan yang dimiliki orang tua atau orang lain. Rendahnya sosialisasi anak dapat menyebabkan timbulnya masalah baik bagi anak itu sendiri, keluarga, maupun sekitarnya. Akibatnya anak cenderung menutup diri dan biasanya kurang percaya diri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahu hubungan pengetahuan ibu tentang stimulasi personal sosial dengan perkembangan sosial anak usia prasekolah di TK Dharma Wanita. Kelurahan Tlogomas. Kecamatan Lowokwaru Malang. Penelitian ini menggunakan desain penelitian non eksperimen dengan jenis correlation dengan metode pendekatan cross sectional. Populasinya adalah semua ibu Dharma Wanita, Kelurahan Tlogomas, Malang berjumlah 50 orang. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 60 orang. Pengambilan sampel dengan total sampling. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji statistic speaman rank dengan derajat kemaknaan (0,05). Hasil menunjukkan sebagian besar (70%) pengetahuan responden masuk kategori baik sebanyak 35 orang. Sebagian besar (84%) perkembangan sosial pada anak masuk dalam kategori sesuai sebanyak 42 orang. Hasil analisis bivariat menunjukkan pvalue = 0,00 < 0,05. Artinya ada hubungan pengetahuan ibu tentang stimulasi personal sosial dengan perkembangan sosial pada anak usia prasekolah di TK Dharma Wanita Kelurahan Tlogomas Malang. Saran yang dapat direkomendasikan, bagi institusi pendidikan, hasil penelitian ini bias sebagai referensi bagi peneliti selanjutnya.

ABSTRACT

Not all preschool children can meet (fulfill) social personal development, some of children who are not able to meet the social personal development will have a goal or perform activities that are contrary to those of the parents or others. The low socialization of children can cause the problem both for the children themselves, family, and the environment/neighborhood/ surroundings. As a result, the tends to close (cover) of themselves and are usually less of confident. The purpose of this study was to determine The Relationship of Mother Knowledge About Social Personal Stimulation with Social Development in Preschool Children in TK (Kindergarten) Dharma Wanita Village of Tlogomas Su-disrict of Lowokwaru Malang. This research uses a non-experimental research design with correlation type with cross sectional approaching method. The population is all the mothers who have preschool chilfren and all preschool children in TK Dharma Wanita, Village of Tlogomas, Malang as many as 50 people. The samples in this study were 60 people. Sampling with total sampling. Data were analyzed by using speaman rank statistical test with the significance level (0.05). The result of data collection, the majority (70%) of respondents knowledge in good category as many as 35 people. Most (84%) of social development of children in appropriate category as many as 42 people. The result of bivariate analysis showed mean pvalue = 0.00 < 0.05. It means there is a relationship of mother knowledge about social personal stimulation with social development in preschool children in TK Dharma Wanita Village of Tlogomas Malang. Suggestions that can be recommended, for educational institutions, the result of this syudy can be as refrence about mother knowledge of social personal teaching and learning process, child nursing family.

Keywords : Toddler age child; toddler family development; motor skills; parental involvement

Keywords

Anak usia todller; bina keluarga balita; kemampuan motorik; keterlibatan orang tua

Full Text:

PDF

References

Hurlock, E. 1997. Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Masa. Alih Bahasa. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Hurlock, Elizabeth B. 1998. Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Edisi kelima. Jakarta: Erlangga

Hurlock. 2003. Psikologi.. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Martuti. 2009. Mendirikan dan mengelola PAUD. Yogyakarta: Kreasi Wacana.

Notoadjmojo, S. 2003. Pendidikan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: PT Asdi Mahasatya

Sumiarningsih, L. 2008. Hubungan antara dukungan sosial terhadap tingkat kemampuan sosialisasi anak retardasi mental Di SLB Negeri 1 Yogyakarta. [Skripsi]. Fakultas Kedokteran UGM. Yogyakarta.

Soetjiningsih, 2002. Tumbuh Kembang Anak. Jakarta: EGC

Wong, Donna L., Eaton-Hockenberry, Marilyn., Wilson, David., Winkelstein, Marilyn L., and Schwartz, Patricia. 2002. Buku Ajar Keperawatan Pediatrik Vol 1. Penerjemah Egi, K. Devi, Y. Nike, B.S. Esty, W. Jakarta.

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.