KAITAN STATUS GIZI DENGAN PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA 3-4 TAHUN DI PAUD MAWAR KELURAHAN TLOGOMAS MALANG

Alestari Alestari, Ni Luh Putu Eka Sudiwati, Neni Maemunah

Abstract

Pemberian gizi seimbang pada anak-anak sangat penting dilakukan untuk mendukung perkembangan secara optimal. Jka asupan gizi pada anak tidak terpenuhi maka dapat mengganggu konsentrasi dan kesanggupannya untuk belajar. Tujuan dalam penelitian ini untuk menganalisis kaitan status gizi dengan perkembangan kognitif pada anak usia 3-4 tahun di PAUD Mawar Kelurahan Tlogomas Malang. Metode penelitian dalam penelitian ini adalah metode analitik korelasi dengan menggunakan pendekatan Cross Sectional. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 34 orang anak dan sampel menggunakan total sampling yang berarti jumlah populasi dijadikan sampel. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah BB/TB dan Lembar observasi. Metode analisa data yang digunakan yaitu Analisis Bivariat dengan mengunakan uji korelasi spearman Rank. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar (85,3%) dari responden berstatus gizi normal yakni 29 orang, dengan perkembangan kognitif responden baik sebanyak 24 orang, sebagian kecil (8,8%) dari responden berstatus gizi gemuk yakni 3 orang dan 3 orang mempunyai perkembangan kognitif baik; sebanyak 2 orang (5,9%) berstatus gizi kurus dan mempunyai perkembangan kognitifcukup. Hasil uji statistik p-value = 0,01< α (0,05), sehingga disimpulkan bahwa ada hubungan status gizi dengan perkembangan kognitif anak usia 3-4 tahun di PAUD Mawar Kelurahan Tlogomas Malang. Direkomendasikan bagi peneliti selanjutnya meneliti lebih lanjut mengenai hubungan status gizi dengan perkembangan kognitif pada anak.

ABSTRACT

Giving balanced nutrition in children is very important to support optimal development. Where a nutrient intake in children is not met then can disrupt concentration and ability to learn. The purpose of this study to analyze the relationship between nutritional status with cognitive development in children aged 3-4 years in early Mawar childhood village Tlogomas Malang. The research method in this study is the correlation analytic method using cross sectional approach. The population in this study were 34 children and sampled using the sampling means the total number of population sampled. Data collection techniques used were Body weight / Body height and observation sheet. Data analysis method used is Bivariate analysis using the Spearman rank correlation test. The results showed that the majority (85.3%) of the respondents were 29 normal nutritional status of people so that both the respondent's cognitive development as well as many as 24 people, a small proportion (8.8%) of the respondents were obese 3-nourished people that cognitive development makes categories well as 3 and (5.9%) of the respondents skinny nourished by 2 people that cognitive development is categorized quite as much as 2 people. Can result in perhitung p-value = 0.01 <α (0.05), so it can be concluded that there is a relationship with the Nutritional Status of Childhood Cognitive Development In Early Mawar Childhood Years 3-4 Village Tlogomas Malang. Some suggestions are recommended for further research of this thesis may be useful as a reference to further investigate the nutritional status of the relationship with cognitive development in children.

Keywords : Children's; Cognitive Development; Nutritional Status.

Keywords

Anak; perkembangan kognitif; status gizi.

Full Text:

PDF

References

Almatsier, S, 2002. Prinsip Dasar Ilmu Gizi.Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Depkes RI, 2002. Pedoman Umum Gizi Seimbang (Panduan untuk petugas).Jakarta

Fikriyati, Mirroh. 2013.Perkembangan Anak Usia Emas (Golden Age). Yogyakarta: Laras Media Prima.

Hardiansyah., Chairunita., dan Dwiriani, C.M., 2006. Model Penduga Berat Lahir Berdasarkan Pengukuran Lingkar Pinggang Ibu Hamil. Jurnal Gizi dan Pangan, November 2006 1(2):17 – 25.

Indra Dewi, dkk. 2013. Prinsip-Prinsip Dasar Ahli Gizi. Jakarta : Dunia Cerdas.

Papalia, Diane, Old, S. W., Feldman, R. D. 2008. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.

Soetjiningsih. 2012. Perkembangan Anak (Sejak Pembuahan Sampai Dengan Kanak-Kanak Akhir). Jakarta : Kencana

Suhardjo. 2004. Psikologi Untuk Keperawatan. Jakarta: EGC

Supartini, Yupi. 2004. Buku Ajar Konsep Dasar Keperawatan Anak. Jakarta: EGC

Susanto, Ahmad. 2011.Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.

Suyanto & Salamah. 2009. Riset Kebidanan: Metodologi dan Aplikasi. Yogyakarta: Mitra Cendikia Press.

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.