PENGARUH TERAPI BERMAIN EDUCATION GAME COMPUTER TERHADAP PERKEMBANGAN KOGNITIF PADA ANAK USIA PRA-SEKOLAH DI TK SHINING STAR MALANG

Hildegardis Dwi Alupan, Atti Yudiernawati, Susmini Susmini

Abstract

Bermain merupakan aktivitas yang penting dilakukan anak-anak, sebab dengan bermain anak-anak akan bertambah pengalaman dan pengetahuannya. Melalui education game computer anak memperoleh pelajaran yang mengandung aspek perkembangan kognitif, emosi dan perkembangan kreativitas. Melalui kegiatan bermain dengan berbagai permainan anak dirangsang untuk berkembang secara umum, baik perkembangan berpikir dan emosi. (Ismail, 2009). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh terapi bermain education game komputer terhadap perkembangan kognitif pada anak usia pra-sekolah di TK Shining Star Jl. Gajahmada No. 18 Malang. Metode Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian pra-eksperimental. Teknik sampling pada penelitian ini adalah menggunakan total sampling. Sampel sebanyak 40 responden. Pengumpulan data dengan cara observasi. Analisa data menggunakan uji t. Dari hasil penelitian diketahui sebanyak 18 anak (45%) mempunyai kemampuan kognitif cukup sebelum diberikan education game computer dan sebanyak 35 anak (87,5%) mempunyai perkembangan kognitif baik setelah diberikan education game computer. Berdasarkan hasil analisa data menggunakan T-test diperoleh nilai T = 2,423 dengan df 39 dan Sig (2-tailed) 0.000. Hal ini menunjukan pengaruh yang nyata dimana nilai p value (0,000) lebih kecil dari nilai α 0,05 sehingga H1 diterima artinya terdapat pengaruh sesudah pemberian education game computer terhadap perkembangan kognitif pada anak usia pra-sekolah di TK Shining Star. Bagi penelitian selanjutnya dapat dikembangkan menjadi penelitian tentang pengaruh education game computer terhadap perkembangan sosial pada anak usia pra-sekolah.

Kata Kunci: Education game computer, perkembangan kognitif.

Full Text:

PDF

References

Ahmad, S. 2012. Perkembangan Anak Usia Dini, Jakarta : Kencana Prenada Media group.

Amory, A., & Seagram, R. 2003. Educational game models: Conceptualization and evaluation. South African Journal of Higher Education,17(2), 206-217.

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Chuang, T & Chen, W. 2007. Digital Games for Cognitive Learning: a Pilot Study. Journal of Scientific and Technology Studies. Volume 41, no. 1, p. 17-27.

Dariyo, A. 2007. Psikologi Perkembangan Anak Tiga Tahun Pertama, Bandung : PT. Refika Aditama.

Hidayat, A. A. 2007. Riset Keperawatan dan Teknik Penulisan Ilmiah, Jakarta : PT. Salemba Medika.

Hidayat, A. A. 2008. Pengantar Ilmu Kesehatan Anak Untuk Pendidikan Kebidanan, Jakarta : Salemba Medika.

Ismail, A. 2009. Education games, Yogyakarta : Pro-U Media.

Kebritchi, Mansureh., Hirumi, Atsusi. 2008. Examining the Pedagogical Foundations of Modern Educational Computer Game. Elsevier, Computer & Education. Volume 51, p. 1729-1743.

Musbikin, I. 2012. Pintar Mengatasi Masalah Tumbuh Kembang Anak, Jogjakarta : Flashbooks.

Notoatmodjo, S. 2002. Metodologi Penelitian Kesehatan, Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Nursalam, 2003. Konsep dan Penerapan Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan, Jakarta: PT. Salemba Medika.

Patmonodewo, S. 2008. Pendidikan Anak Prasekolah, Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Susanto, A. 2012. Perkembangan Anak Usia Dini : Pengantar Dalam Berbagai Aspeknya. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.