HUBUNGAN PELAKSANAAN KOMUNIKASI TERAPEUTIK PERAWAT DENGAN TINGKAT KEPUASAN KELUARGA DI YAYASAN SLB BAKTI LUHUR MALANG

Melkior Silvanus Yopi Balik, Tanto Hariyanto, Neni Maemunah

Abstract

Komunikasi yang dilakukan oleh perawat professional haruslah komunikasi yang memiliki teknik‚ terencana dan memiliki tujuan yang spesifik. Komunikasi yang seperti ini disebut komunikasi terapeutik. Keberhasilan komunikasi terapeutik antara perawat dan keluarga sangat menentukan hasil tindakan yang di harapkan, yaitu adanya kepuasan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pelaksanaan komunikasi terapeutik perawat dengan tingkat kepuasan keluarga siswa di SLB Bakti Luhur Malang.Desain penelitian yang digunakan adalah metode korelasional dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh keluarga yang berada di LSB Bakhti Luhur Malang sebanyak 30 orangdan sampel penelitian menggunakan total sampling yaitu seluruh anggota populasi dijadikan sampel. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan kuesioner dan observasi. Analisis yang digunakananalisa pearson product moment. Hasil penelitian menunjukkanbahwa komunikasi terapeutik perawat hampir setengahnya dikategorikan sangat baik yaitu sebanyak 14 orang (46,7%),kepuasan keluarga sebagian besar dikategorikan sangat puas yaitu sebanyak 18 orang (60,0%), dan hasil analisisdidapatkan nilai signifikansi = 0,000 (p-value ≤ 0,05) yang berarti data dinyatakan sangat signifikan yaitu terdapathubungan komunikasi terapeutik perawat dengan kepuasan keluarga di SLB Bakti Luhur Malang. Petugas kesehatan khususnya perawat diharapkan untuk selalu memperhatikan komunikasi dengan pasien, terutama komunikasi terapeutik fase orientasi, fase kerja, fase terminasi, karena ketiga fase ini selalu berhubungan dengan pasien sehingga dapat memberikan dampak persepsi bagi pasien berupa kepuasan.

Keywords

Komunikasi Terapeutik, Kepuasan Keluarga.

Full Text:

PDF

References

Damaiyati, Mukhripah. 2010. Komunikasi Terapeutik dalam Praktik Keperawatan. Jakarta: Refika Aditama.

Hajarudin. 2014. Hubungan antara Komunikasi Terapeutik Perawat dengan Tingkat Kepuasan Pasien di Puskesmas Pleret Bantul Yogyakarta. Naskah Publikasi, Program Studi Ilmu Keperawatan, Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Indrawati. 2003. Komunikasi untuk Perawat. Jakarta: EGC.

Machfoedz, M. 2009. Komunikasi Keperawatan : Komunikasi Terapeutik. Yogyakarta: Gambika.

Meidiana, D. 2008. Keperawatan Dasar Konsep ”Caring”, Komunikasi, Etik dan Spiritual dalam pelayanan keperawatan. Semarang: Hasani.

Mukhripah, D. 2008. Komunikasi Terapeutik dalam Praktik Keperawatan. Bandung: PT. Refika Aditama.

Murwani, I., dan Istichomah. 2009. Komunikasi terapeutik panduan bagiperawat. Yogyakarta: Fitramaya.

Ningsih, Penti Sari. 2015. Hubungan Komunikasi Terapeutik Perawat dengan Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap Kelas III RS PKU Muhammadiyah Yohyakarta Unit II. Naskah Publikasi, Program Studi Ilmu Keperawatan, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan ‘aisyiyah, Yogyakarta.

Nofiana, Hendri dan Sroi Sugiarsi. 2011. Hubungan Mutu Pelayanan Pendaftaran dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Karanganyar. Jurnal Kesehatan, ISSN.1979-9551, VoL. V. NO.1, Maret 2011, Hal 90-106.

Nugroho, Haryanto Adi., dan Septyani Aryati. 2009. Hubungan Komunikasi Terapeutik Perawat dengan Kepuasan Pasien di Rumah Sakit Islam Kendal. FIKkeS, Jurnal Keperawatan, Vol.2, No.2, Maret 2009: 36-41.

Priyanto, A. 2009. Komunikasi dan Konseling. Jakarta: Salemba Medika.

Perry‚ Potter. 2005‚ komunikasi keperawatan. Edisi Ketujuh. Jakarta : Penerbit Salemba Medika.

Pohan. 2014. Jaminan mutu pelayanan kesehatan. Jakarta ; EGC

Rorie, Priscylia A.C., Linnie Pondaag dan Rivwlino S. Hamel. 2014. Hubungan Komunikasi Terapeutik Perawat dengan Kepuasan Pasien di Ruang Rawat Inap Irina A RSUP Prof. Dr. R. D. Kondau Manado. Naskah Publikasi, Program Studi Ilmu Keperawatan, Fakultas Kdokteran, Universitas Sam Ratulangi, Manado.

Sabarguna, H. Boy S. 2008. Quality Assurance Pelayanan Rumah Sakit Edisi Revisi. Jakarta: CV Agung Seto.

Simamora‚ R. 2012. Manajemen Keperawatan‚ EGC‚ Jakarta.

Supranto‚ J . 2006. Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan Untuk Menaikan Kualitas Pelayanan. Jakarta .

Videbeck‚ S. L. 2005. Buku Ajar Keperawatan Jiwa. Jakarta : EGC

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.