IMPLEMENTASI PROGRAM KELUARGA HARAPAN (PKH) DALAM UPAYA PENANGGULANGAN KEMISKINAN DI KELURAHAN SISIR KECAMATAN BATU KOTA BATU

Liahati Liahati, Dewi Citra Larasati

Abstract

Abstract: One of the initial requirements to overcome poverty is by identifying the targeted groups and regions  correctly. According to the regulation, one of the PKH strategies is to encourage provincial and district / city governments through their respective Social Service Offices to use PKH as a strategy to reduce poverty in their regions. This research method used a qualitative descriptive with a snowball sampling. From the result it can bee seen that the implementation of PKH to reduce the proverty through four important things, they are communication process, resources, disposition and a good and responsible bureaucratic, a sense of caring, motivating and arousing the awareness of the family program participants in fulfilling their goals and expectations. The factors that influence the implementation of program are the supporting factors that can be seen from the guide support and encouragement to the participants so they become more aware of the importance of technology and a decent life. The inhibiting factors tend to arise because of the lack  response from superiors to the problems faced by PKH participants. Other than that, the PKH participants should be more aware of the importance of technology in order to make the programme implementation easier.

 

Keywords: Policy Implementation, Indonesia Caonditional Cash Transfer Programme (PKH), Poverty Reduction

 

ABSTRAK: Salah satu syarat untuk menanggulangi kemiskinan yaitu dengan cara melakukan identifikasi terhadap kelompok dan wilayah sasaran yang ingin dituju dengan tepat. Sesuai dengan ketentuan, salah satu strategi PKH adalah mendorong pemerintah daerah provinsi dan kabupaten/kota melalui Kantor Dinas Sosial masing-masing untuk menggunakan PKH sebagai salah satu strategi untuk menurunkan angka kemiskinan di daerah. Metode penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif dengan Snowball Sampling. Hasil penelitian ini Implementasi PKH dalam Upaya Penanggulangan Kemiskinan dapat dilihat dari empat hal yaitu proses komunikasi, sumber daya, disposisi dan struktur birokrasi yang dilakukan sudah baik dengan adanya tanggungjawab, rasa kepedulian, memberikan motivasi dan menggugah kesadaran peserta program keluarga harapan dalam memenuhi tujuan dan harapan yang diinginkan. Faktor-faktor yang mempengaruhi Implementasi program keluarga harapan yaitu adanya faktor pendukung yang dapat dibuktikan dengan adanya tanggungjawab pendamping kepada peserta program keluarga harapan untuk selalu mendorong mereka agar lebih sadar akan pentingnya teknologi dan hidup yang lebih layak. Adapun faktor Penghambat cenderung muncul karena kurangnya tanggapan dari pihak atasan terhadap masalah yang dihadapi oleh peserta PKH. Tidak terlepas juga dari peserta PKH untuk selalu lebih sadar akan pentingnya teknologi, sehingga lebih mempermudah dalam proses pelaksanaan program keluarga harapan. 

 

Kata Kunci: Implementasi Kebijakan, Program Keluarga Harapan (PKH), Penanggulangan Kemiskinan

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.