STRATEGI KOMUNIKASI KOMUNITAS LEMBATA UNDERWATER DALAM MEMPROMOSIKAN WISATA BAHARI DI KABUPATEN LEMBATA

Dewi Dora, Sulih Indra Dewi

Abstract

ABSTRACT: Lembata Regency is one of the islands in NTT which has potential in marine tourism to be developed. One part that responsible for developing marine tourism in Lembata Regency is Lembata Underwater community. The purpose of this research was to find out the communication strategy that was done by Lembata Underwater Community in promoting marine tourism. This research is a qualitative research with data collection technique in the form of direct observation and in-depth interview to Lembata Underwater community. The result of this research showed that, (1) Lembata Underwater Community applied some communication strategies in promoting Lembata tourism, they were; involving Lembata society in carrying out each program, educating the Lembata youth about the marine world, providing tour and travel services and promoting in various ways, (2) With the community's ongoing promotion, more tourists knew about the marine objects in Lembata, and also increased the number of tourists. It could be seen from the number of tourists that has increased in the last two years.

 

Keywords: Communication Strategy, Marine Tourism, Lembata Underwater Community

 

ABSTRAK: Kabupaten Lembata adalah salah satu pulau di NTT yang memiliki potensi wisata bahari yang potensial untuk dikembangkan. Salah satu bagian yang bertanggung jawab dalam mengembangkan wisata bahari  yang ada di Kabupaten Lembata adalah komunitas Lembata Underwater.  Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi komunikasi yang dilakukan Komunitas Lembata Underwater dalam mempromosikan wisata bahari yang ada di kabupaten Lembata. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa pengamatan langsung dan wawancara mendalam terhadap komunitas Lembata Underwater. Hasil dari penelitan ini menunjukan bahwa, (1) Komunitas Lembata Underwater menerapkan beberapa strategi komunikasi dalam mempromosikan wisata bahari Kabupaten Lembata yaitu; melibatkan masyrakat Lembata dalam melaksanakan setiap program kerja, megedukasi pemuda-pemudi Lembata tentang dunia bahari, menyediakan jasa tour and travel dan melakukan promosi dengan berbagai cara, (2) Dengan promosi yang terus dilakukan komunitas membuat makin banyak wisatawan yang tahu tentang objek wista bahari yang ada di Lembata, dan juga adanya peningkatan jumlah wisatwan, hal itu bisa dilihat dari jumlah wisatwan yang terus meningkat pada dua tahun belakangan ini.

 

Kata Kunci: Strategi Komunikasi, Wisata Bahari, Komunitas Lembata Underwater

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.