EKSPLOITASI PEREMPUAN DALAM APLIKASI BIGO LIVE DITINJAU DARI PERSPEKTIF FEMINISME MARXIS-SOSIALIS

Husen Bin Tahir, Sulih Indra Dewi

Abstract

Abstract: Bigo Live becomes the famous sosial mediadownloaded in Indonesia. The majority of Bigo Live users are woman, this is became phenomenal because woman become the object of exploitation in that application. Purpose of this research (1) to find out types of woman exploitation in Bigo Live aplication. (2) to find out woman exploitation in Bigo Live application according to Feminisme Marxis-Sosialis prespective. This Research using descriptive qualitative methods. Techniques of data collection by observation, interview and documentation. Intend tofind the results of the research about woman exploitation in the Bigo Live application according to Feminisme Marxis-Sosialis prespective. Exploitation that occurs in woman in Bigo Live applicaition, find main problem , according to the purpose and benefits of the research. Research conducted on Bigo Live Social Media. Result of the research (1) Exploitation of woman is carried out by viewers even broadcaster in live streaming. Exploitation includes sexsuality, force labor/slavery up to revocation of social status. Maxris decide that exploitation have three pillars (1) technology advances. (2) socialism occurs because of control over treasure, property, and income. (3) political economy is related to politics where there is mutual need to support economic status in society.

 Keywords: Bigo Live, Exploitation, Feminisme Marxis-Sosialis


Abstrak: Bigo Live menjadi media sosial yang terkenal dan banyak di unduh di Indonesia. Mayoritas pengguna Bigo Live adalah kaum perempuan, hal ini menjadi fenomena karena perempuan yang menjadi bahan eksploitasi dalam aplikasi tersebut. Tujuan dari penelitian ini (1) Untuk mengetahui bentuk-bentuk eksploitasi perempuan dalam aplikasi bigo live. (2) Untuk mengetahui eksploitasi perempuan dalam aplikasi bigo live menurut prespektif Feminisme Marxis-Sosialis Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dukumentasi. Bermaksud menemukan hasil penelitian tentang Ekspliotasi Perempuan Dalam Aplikasi Bigo Live Ditinjau Dari Perspektif Feminisme Marxis-Sosialis. Bentuk eksploitasi yang terjadi terhadap kaum perempuan dalam aplikasi Bigo Live, temukan poin masalah, sesuai tujuan dan manfaat penelitian. Penelitian di lakukan pada media sosial Bigo Live. Hasil penelitian yang diperoleh (1) Eksploitasi terhadap perempuan dilakukan oleh viewers maupun broadcaster itu sendiri  dalam live streaming. Ekspolitasi meliputi seksual, kerja paksa/perbudakan hingga penghambatan status sosial. Marxis sendiri menyimpulkan bahwa eksploitasi yang terjadi memiliki tiga pilar (1) Struktural ketidak siapan pemerintah dan masyarakat sosial dalam menghadapi dan merancang peraturan mengenai kemajuan teknologi. (2) Sosialime terjadi dikerenakan adanya kontrol atas harta, benda dan  pendapatan. (3) Ekonomi Politik berkaitan erat dengan politik dimana adanya saling membutuhkan demi menunjang status ekonomi di masyarakat.

 Kata Kunci: Bigo Live, Eksploitasi, Feminisme Marxis-Sosialis

Full Text:

PDF

References

Abdullah, I. 2003. Penelitian Berwawasan Gender Dalam Ilmu Sosial. Jurnal Humaniora, hal 30-45.

Amelia & Irwansyah, 2010. Media Baru: From Nothing To Something, Dalam

Bigo Technology, 2016. Company overview. BIGO Technology Pte.Ltd.

Cahyono, I. 2005. Wajah Kemiskinan, Wajah Perempuan. Dalam jurnal Perempuan. (ed) 2005. Mengurangi Kemiskinan, Dimana Perempuan. Jakarta: Yayasan jurnal perempuan. hal 9.

Chaidir, Anwar Tanjung. 2017: Jual Korbannya via Bigo Live, Muncikari Prostitusi Online Ditangkap. Detik.com (https://news.detik.com/berita/3479702/jual-korbannya-via-bigo- live- muncikari-prostitusi-online-ditangkap. Diakses pada tanggal 23Mei 2018).

Conn Joann Wolski, 1991:New Vitality: The Challenge from Feminist Theology, America, hal. 156:217

Corry Anestia, 2016: Bigo Live Diblokir, Apa Kata Kemkominfo. liputan6.com

Fakih, M. 1999. Menggeser Konsepsi Gender Dan Transformasi Sosial. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. hal 12-23.

Flew, Terry. 2005. New Media an Introduction. 2nd Edition: New York: Oxford University Press, hal 4

Lane, Jan Erik. 2001. EkonomipolitikKomparatif. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada, hal 20-50.

Maulana Dimas, 2017.“Bigo live, Kenapa Bisa Tenar?”. Kaskus.co.id (https://www.kaskus.co.id/thread/578f74fb507410f0718b456a/aplikasi-bigo-live-kenapa-bisa-tenar/. diakses pada 20 Mei 2018).

Nina Armando dkk, 2005: Ensiklopedi Islam. Jakarta: IctiarBaru Van Hoven, hal 159-165.

Play Google, 2018: Live Video Streaming App.

Potret Manajemen Media Di Indonesia. (ed) Amir Effendi Siregar dkk. Yogyakarta: Total Media, hal. 19.

Rosemarie Putnam Tong, 2009. Feminist Thought: Pengantar paling komprehensif kepada arus utama pemikiran Feminis, Yogyakarta: Jalasutra, hal. 35-49.

Sagala, R. Valentina dan Rozana, Ellin, 2007, Pergulatan Feminsime dan HAM, Jakarta: Institit Perempuan, hal 21

Santika Eka, 2016: Kemenkominfo Blokir Situs BIGO LIVE, Efektifkah?: TEKCHINASIA.

Setiawan Budi, 2016 “Cara MenghasilkanUangdariBigo Live”,

Setiawan Tito Bagus, 2016: EkonomiPolitik-PendekatanMarxisme

Sjahrir Sutan, 1982.Sosialisme Indonesia, Pembangunan.Jakarta: Lembaga Penunjang Pembangunan Nasional, hal. 91

(http://tekno.liputan6.com/read/2677943/bigo-live-diblokir-apa-kata-kemkominfo. diaksespada 08 Juli 2018).

(http://www.bigo.sg/index_pc.html.Diakses pada tanggal 21Mei 2018).

(http://www.whaffindonesia.com/2016/08/cara-menghasilkan-uang-dari-bigo-live.html//, diaksespada 15 Juli 2018)

(https://id.techinasia.com/kemenkominfo-blokir-bigo-live-efektifkah. Diakses pada tanggal 27Mei 2018).

(https://play.google.com/store/apps/details?id=sg.bigo.live&hl=in. Diakses pada tanggal 27Mei 2018).

(https://titobagussetiawan.wordpress.com/2016/03/07/ekonomi-politik-pendekatan-marxism).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.