EFEKTIVITAS SISTEM INFORMASI KELURAHAN (SIK) DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN PUBLIK (STUDI PADA KELURAHAN SISIR KOTA BATU)

Sri Rahayu Suharta, Firman Firdausi

Abstract

Abstract: Village Information System (SIK) is a Data Bank from the village that after processing it becomes a Data Base which later in the service will simplify and accelerate the service process itself. The method of this research uses qualitative research by using informant determination snowball sampling techniques. Based on the results of the research that the Effectiveness of the Urban Information System (SIK) in Improving Public Services is quite good, it can be seen from the indicators of effectiveness measurement, namely understanding the program, being on target, on time, achieving goals and real changes. Factors that support the implementation of the village Information System (SIK) in improving public services in Sisir City, Batu City are good cooperation and communication between the village and civil records as well as increased human resources and adequate servers, adequate and suitable computers and competent friendly staff or service personnel. The inhibiting factor is in the form of internet network disruption which results in the system so that it switches to manual services and there is a difference in the number of residents so that data updates need to be held every month.

Keywords: Effectiveness, Village Information Systems (SIK) and Public Services

Abstrak : Sistem Informasi Kelurahan (SIK) merupakan Bank Data dari kelurahan yang setelah diolah maka  menjadi Data Base yang nantinya dalam pelayanan akan mempermudah dan mempercepat proses layanan itu sendiri.Metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan menggunakan teknik penentuan informan snowball sampling. Berdasarkan hasil penelitian bahwa Efektivitas Sistem Informasi Kelurahan(SIK) Dalam Meningkatkan Pelayanan Pubik sudah cukup baik, dapat dilihat dari indikator pengukuran efektivitas yaitu pemahaman program, tepat sasaran, tepat waktu, tercapainya tujuan dan perubahan nyata. Faktor yang mendukung dalam pelaksanaan Sistem Informasi Kelurahan (SIK) dalam meningkatkan pelayanan publik di Kelurahan Sisir Kota Batu ialah adanya kerjasama  dan komunikasi yang baik antara kelurahan dan catatan sipil serta SDM yang sudah meningkat serta adanya server yang mencukupi, komputer yang memadai dan layak pakai serta staf atau petugas pelayanan yang ramah berkompeten. Pada  Faktor penghambatnya merupakan berupa gangguan jaringan internet yang berakibat pada sisitem tersebut sehingga beralih ke pelayanan yang bersifat manual serta adanya selisih jumlah penduduk sehingga perlu diadakan update data di setiap bulan.

Kata Kunci: Efektivitas, Sistem Informasi Kelurahan (SIK) dan Pelayanan Publik

Full Text:

PDF

References

Handoko, Hani. 2015. Manajemen. Yogyakarta: BPFE – Yogyakarta.

Hayat. 2017. Manajemen Pelayanan Publik. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Mukarom, Zaenal. 2015. Manajemen Pelayanan Publik. Bandung: CV Pustaka Setia.

Peraturan Daerah (PERDA) Provinsi Jawa Timur Nomor 11 Tahun 2005 Tentang Pelayanan Publik

Pina, 2014. Pelaksanaan Program Layanan Samsat On The Spot (SOS) Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik (Pada Kantor Samsat Karangploso). Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif R&D. Bandung: Aflabeta.

Sugiyono.2012. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Penerbit CV. Alfabeta.

Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.