STRATEGI PENGELOLAAN ASET BARANG MILIK DAERAH DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN PUBLIK

Muhammad Okto Adhitama, Diana ,

Abstract

Abstract: This research was conducted in order to determine how the asset management strategies of regional owned goods and its impending factors of asset management strategies of regional owned goods in Improving Public Services at Karangploso District Office in Malang Regency. of this study shows that strategies used to manage asset of regional owned goods in improving public services was still not optimal, Insufficient facilities and infrastructure in providing services to the community, Official’s ability in managing asset/regional owned goods should be improved, Insufficient fund in managing and maintaining goods. Asset Management Strategy/Regional Owned Goods in Improving Public Services consist of several strategies such as, Long term goals and objectives which consists of Planning/Budgeting regarding Demands of Asset/Regional Goods, Improve Public Services, How to act in managing asset/regional owned goods which is by Use of Asset/Regional Owned Goods, Asset/Regional Owned Goods Utilization, Resources allocation which covers Procurement of Assets/Regional Owned Goods, Inventory of Assets/Regional Owned Goods, and Impeding Factors of strategy used in managing assets/regional owned goods such as facilities for public services.

Keywords: Strategy, Management Owned Goods, Public Services

Abstrak: Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui Strategi Pengelolaan Aset Barang Milik Daerah  serta faktor Penghambat dari strategi pengelolaan aset barang milik daerah Dalam Meningkatkan Pelayanan Publik dikantor Kecamatan Karangploso Kabupaten Malang. Penelitian ini menunjukkan bahwa strategi yang digunakan dalam  mengelola aset barang milik daerah dalam meningkatkan pelayanan publik  masih di katakan belum optimal, karena Sarana dan  prasarana yang kurang memadai dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, Kemampuan aparat dalam mengelola aset/barang milik daerah perlu ditingkatkan, Dana dalam mengelola dan merawat barang kurang mendukung. Strategi Pengelolaan Aset/ Barang Milik Daerah Dalam Meningkatkan Pelayanan Publik Terdapat beberapa strategi yakni Adanya Tujuan Dan Sasaran Jangka Panjang yang terdiri dari, Perencanan /Penganggaran Kebutuhan Aset/Barang Milik Daerah, Meningkatkan Pelayanan Publik, Cara Bertindak dalam  mengelola aset/barang milik daerah yakni, Penggunaan Aset/Barang Milik Daerah, Bentuk Pemanfaatan Aset/Barang Milik Daerah, Alokasi Suberdaya meliputi, Pengadaan Aset/Barang Milik Daerah, Inventarisasi Aset/Barang Milik Daerah. serta Faktor Penghambat dari Strategi yang digunakan dalam mengelola aset/Barang Milik Daerah yang perlu diperbaiki Sehingga Aset/Barang Milik Daerah yang dimaksud Sarana dan Prasarana untuk pelayanan kepada masyarakat akan berjalan dengan baik

Kata Kunci: Strategi, Pengelolaan Barang Milik Daerah,  PelayananPublik

 

Full Text:

PDF

References

Sedarmayanti, 2016, Manajemen Strategis cetakan kedua, Refika Aditama. Jakarta

Mukarom Dan Laksana, 2015. Manajemen Pelayanan Publik. Bandung. CV. Pustaka Setia

Sugiyono, 2015. Metode Penelitian Kuanlitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung Alfabeta.

M.Yusuf, S.Sos., M.Si, 2011. Delapan Langkah Pengelolan Asset Daerah Menuju Pengelolaan Keuangan Daerah Terbaik. Jakarta. Salemba Empat.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.