INOVASI ANJUNGAN LAYANAN MANDIRI (ALM) DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN PUBLIK

Bella Puspasari, Cahyo Sasmito

Abstract

Abstract: Service is one form of improving welfare towards society by the government. The government is trying to minimize the existing problems with make innovation in service. One of the innovations developed in the Blimbing Village is Website-based technological innovation namely http://registra.malangkota.go.id called ALM (Self Service Platform). This study uses a qualitative method. Data collection technique use interviews, observation, and documentation. The data obtained in the form of primary data and data secondary. The technique of determining sampling uses purposive sampling. After the data is obtained, data analyzed through the stages of data reduction, data presentation, and drawing conclusions. Test the validity of the data researchers used a technique triangulation method. The results of the Independent Service Platform Innovation research in improving public services in the Blimbing Kelurahan will be held from the end of December 2017 and can be said to be successful because there are already 4 factors that influence success implementation of innovation. Supporting factors are the advantages of the Independent Service Platform, quality of human resources, time efficient and infrastructure. While the inhibiting factor is an unstable internet network and there are no special employees as ALM guides. 

Keywords: Innovation; Self Service Platform; Service

Abstrak: Pelayanan merupakan salah satu bentuk dalam meningkatkan kesejahteraan terhadap masyarakat oleh pemerintah. Pemerintah berupaya untuk meminimalisir permasalahan yang ada dengan membuat inovasi dalam pelayanan. Salah satu inovasi yang dikembangkan di Kelurahan Blimbing adalah inovasi teknologi berbasis website yaitu http://registra.malangkota.go.id yang dinamakan dengan ALM (Anjungan Layanan Mandiri). Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang diperoleh berupa data primer dan data sekunder. Teknik penentuan sampling menggunakan purposive sampling. Setelah data diperoleh, data dianalisis melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Menguji keabsahan data peneliti menggunakan cara triangulasi teknik. Hasil penelitian Inovasi Anjungan Layanan Mandiri dalam meningkatkan pelayanan publik di Kelurahan Blimbing diselenggarakan mulai akhir bulan Desember 2017 dan sudah bisa dikatakan berhasil karena sudah terdapat 4 faktor yang mempengaruhi keberhasilan penyelenggaraan inovasi. Faktor pendukungnya adalah keunggulan dari Anjungan Layanan Mandiri, kualitas sumber daya manusia, efisien waktu dan sarana prasarana. Sedangkan faktor penghambatnya adalah jaringan internet yang tidak stabil dan tidak terdapat pegawai khusus sebagai pemandu ALM.

Kata Kunci : innovation; Self-service Platform; services

Keywords

Inovasi; Anjungan Layanan Mandiri; Pelayanan

Full Text:

PDF

References

Hutagalung, Simon Sumanjoyo. 2018. Membangun Inovasi Pemerintah Daerah. Yogjakarta: CV Budi Utama.

Mahmudi. 2015. Manajemen Kinerja Sektor Publik. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Moleng, Lexy. 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rodaskarya.

Mulyadi, Deddy dkk. 2018. Administrasi Publik Untuk Pelayanan Publik. Bandung: Alfabeta.

Prabandari, Arum. 2015. Kualitas Pelayanan Berbasis Teknologi Informasi Studi Kasus Pelayanan Izin Gangguan (HO) Di Kantor Pelayanan Perizinan Kabupaten Sleman. Skripsi. Tidak Diterbitkan. Fakultas Ilmu Sosial. Universitas Negeri Yogyakarta: Yogjakarta

Ratminto dan Atik Septi Winarih. 2015. Manajemen Pelayanan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rohman, Abd, Cahyo Sasmito, and Muhammad Rifa’i. "MANAJEMEN STRATEGIS SKPD DALAM UPAYA MEWUJUDKAN PELAYANAN TERBAIK DINAS SOSIAL KABUPATEN MALANG." REFORMASI 6, no. 2 (2016).

Sinambela, Lijan Poltak. dkk. 2011. Reformasi Pelayanan Publik. Jakarta: Bumi Aksara.

Stella, M., & Rohman, A. (2019). STRATEGI PELAYANAN ADMINISTRASI E-KTP DALAM KAJIAN KEPUASAN PELAYANAN (STUDI DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA MALANG). JISIP: Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 8(2), 12-19.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah.

Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.