EVALUASI PROGRAM INOVASI PELAYANAN MALAM (Studi Pada Kantor Kelurahan Temas Kota Batu)
Abstract
Pelayanan publik merupakan suatu usaha yang dilakukan oleh birokrasi selaku penyedia pelayanan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dalam hal pelayanan publik. Sedangkan inovasi merupakan sebuah tindakan cara mupun langkah yang dilakukan oleh manusia untuk melakukan pembaharuan-pembaharuan baik produk, proses maupun jasa. pada pengertiannya evaluasi merupakan sebuah pengukuran hasil yang ingin dicapai maupun penyimpangan yang terjadi dalam kebijakan publik. sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui program pelayanan malam di Kantor Kelurahan Temas Kota Batu. Selain itu, penelitian ini juga ingin mengetahui faktor pendukung dan penghambat program pelayanan malam. Untuk itu pembahasan dalam penelitian adalah bagaimana nilai efektifitas, efisiensi dan nilai kecukupan dari program pelayanan malam. Adapun Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan diskriptif kualitatif, dengan sumber data yaitu data primer dan data sekunder. Penentuan responden menggunakan Snowball sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data ialah reduksi data, penyajian data Sehingga hasil penelitian menunjukan bahwa program pelayanan malam di Kantor Kelurahan Temas Kota Batu sudah sangat baik dikarenakan mampu menjawab masalah-masalah pelayanan publik dan mampu meningkat kepercayaan masyarakat kepada penyedia pelayanan publik. Faktor pendukung yaitu antusias masyarakat dan sumber daya aparatur. Faktor penghambat yaitu ketepatan waktu pelaksanaan dan kondisi iklim.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Akibu S, Rifka. 2014. Evaluasi Kebijakan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Di Sma Negeri 1 Ampibabo Kecamatan Ampibabo Kabupaten Parigi Moutong. e-Jurnal Katalogis, Volume 2 Nomor 1, Januari 2014 hlm 8-14. Diakses 23:20 Wib, 13 november 2018.
Detiknews. 2013. Pelayanan Malam Hari, Instansi Zaman Now Foke Digenjot Lagi Era Jokowi. www.news.detik.com. Diakses 14:51 Wib 14 November 2018.
Idrus, Muhammad. 2009. Metode penelitian ilmu sosial pendekatan kualitatif tan kuantitatif. Yogyakarta. Erlangga.
JIPPJATIM. 2018. Merambah Layanan Kelas Dunia. https://jipp.jatimprov.go.id. Diakses 22:31 Wib, 06 oktober 2018.
Kementrian Perindustrian RI. 2018. Lestari, F. Ayu. 2016. Pengaruh Fektifitas Program Corporate Social Responsibility (Csr) Pt Mitsubishi Chemicalindonesia (Mcci) Terhadap Pemberdayaan Masyarakat Di Kelurahan Gerem Kecamatan Grogol Kota Cilegon
Moleong, Lexy j. 2012. Metode penelitian kualitatif. Bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA.
Malangtimes. 2018. Polres Batu Ingin Ada Peraturan Wali Kota Terkait Pelayanan Publik. www.malangtimes.com. Diakses 29:19 Wib, 07 oktober 2018
Ombudsman. 2018. Pelayanan Publik Zaman Now. www.ombudsman.go.id. Diakses pukul 11:01 Wib 12 November 2018.
Setyawan, Dody. 2017. Pengantar Kebijakan Publik. Malang: INTELIGENSIA MEDIA
Sendhikasari D, Dewi. 2017. Pengawasan Ombudsman Republik Indonesia Dalam Pelayanan Publik. http://berkas.dpr.go.id. Vol. IX, No. 03/I/Puslit. Diakses 11:46 Wib, 12 November 2018.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung. Alfabeta.
Tirto. 2016. Rapor Merah Pelayanan Publik Di Indonesia. www.tirto.id. Diakses 22:13 Wib, 06 oktober 2018.
Tribunnews.com. 2017. Pelayanan Publik yang Paling Sering Dikeluhkan Masyarakat. www.tribunnews.com. Diakses 21:38 Wib, 06 oktober 2018.
Validnews.co. 2017. Rapor merah mendominasi kualitas pelayanan publik JATIM. www.validnews.id. Diakses 22:16 Wib, 06 oktober 2018.
Refbacks
- There are currently no refbacks.