INOVASI SISTEM INFORMASI APLIKASI MOBILE PAJAK DAERAH (SAMPADE) DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN PUBLIK

Dewi Citra Larasati

Abstract

Sistem Informasi Aplikasi Mobile Pajak Daerah (SAMPADE) Kota Malang merupakan sebuah inovasi yang dilakukan oleh Badan Pelayanan Pajak Daerah (BP2D) Kota Malang berupa aplikasi berbasis teknologi informasi yang diharapkan memudahkan masyarakat atau wajib pajak dalam memenuhi pelayanan perpajakannya. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian terhadap pelaksanaan Inovasi Badan Pelayanan Pajak Daerah (BP2D) Kota Malang Melalui Sistem Informasi Aplikasi Mobile Pajak Daerah (SAMPADE) Dalam Meningkatkan Pelayanan Publik terdapat 5 indikator jenis inovasi yaitu inovasi proses, inovasi, metode, inovasi struktur organisasi, inovasi dalam hubungan, dan inovasi produk. Faktor pendukung dalam pelaksanaan dalam inovasi Sistem Informasi Aplikasi Mobile Pajak Daerah (SAMPADE) adalah disambut dengan baik oleh sebagian wajib pajak dan kerja sama dengan pihak luar yaitu CV. Sinergi. Serta dilengkapi dengan sarana dan prasana yang membantu dalam pelaksanaan sosialisasi kepada wajib pajak yaitu berupa 2 (dua) buah mobil khusus. Sedangkan untuk faktor penghambat dalam pelaksanaannya adalah inovasi Sistem Informasi Aplikasi Mobile Pajak Daerah (SAMPADE) ini terkadang terkena hacking dan server nya yang terkadang down dan masih rumit dalam penggunaannya. Serta masih ada beberapa wajib pajak yang belum mengerti menggunakan aplikasi ini dan beberapa wajib pajak juga belum mengerti IT dan lebih suka melakukan pelayanan perpajakan nya secara manual dengan pergi ke kantor Badan Pelayanan Pajak Daerah (BP2D) Kota Malang.

Keywords

Inovasi, Sistem Informasi Aplikasi Mobile Pajak Daerah (SAMPADE), Pelayanan Perpajakan

Full Text:

PDF

References

Hayat. 2017. Manajemen Pelayanan Publik. Jakarta: Rajawali Pers.

Larasati, D. 2019. ANALISIS ELEMEN SUKSES E-GOVERNMENT DALAM IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI APLIKASI MOBILE PAJAK DAERAH (SAMPADE) KOTA MALANG. Conference on Innovation and Application of Science and Technology (CIASTECH), 2(1), RHP 93-100. Retrieved from http://publishing-widyagama.ac.id/ejournal-v2/index.php/ciastech/article/view/1091/894

Larasati, D. C. 2017. Evaluasi Program Inovasi “Sunset Policy“ Di Kota Malang Guna Menurunkan Angka Tunggakan Pajak Bumi dan Bangunan Perkotaan, REFORMASI, 7 (1) : 21-30

Mukarom, Zaenal. Dkk. 2015. Manajemen Pelayanan Publik. Bandung: Cv Pustaka Setia.

Mulyadi, Deddy. Dkk. 2018. Administrasi Publik Untuk Pelayanan Publik. Bandung: Alfabeta.

Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 30 Tahun 2014 Tentang Pedoman Inovasi Pelayanan Publik.

Peraturan Presiden Nomor 95 Tahun 2018 Tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintahan Daerah.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.