PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM MENDUKUNG STRATEGI PELAYANAN DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN KOTA BATU UNTUK MENINGKATKAN BUDAYA LITERASI PADA MASYARAKAT

Dewi Citra Larasati, Yovita Bano Nahak

Abstract

Abstract. This study aims to determine how community participation in supporting the service strategy of the library and archival services in Batu City. Therefore, this study uses data obtained through words, written sources, photos through a qualitative method approach. Triangulation techniques are used as data collection techniques as well as data validity. The results of this study indicate that the community plays an active role in implementing the service strategy of the Batu City Library and Archives Service through mobile libraries, providing services at Taman Bacaan and cooperating with several communities in the Batu City community. Meanwhile, the supporting factors for the service strategy participation were shown enthusiastically from the employees and adequate service infrastructure. Meanwhile, the inhibiting factors faced are lack of human resources, delays in services and lack of awareness of the community itself about the importance of reading.

Keyword : community participation, strategy, library servece management

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana partisipasi masyarakat dalam mendukung strategi pelayanan dinas perpustakaan dan kearsipan Kota Batu. Oleh karena itu, penelitian ini menggunakan data yang diperoleh melalui kata-kata, sumber tertulis, foto melalui pendekatan metode kualitatif.  Triangulasi teknik digunakan sebagai teknik pengumpulan data serta keabsahan data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa masyarakat berperan aktif dalam melaksanakan strategi pelayanan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Batu melalui perpustakaan keliling, mengadakan layanan di Taman Bacaan dan bekerja sama dengan beberapa komunitas yang ada di masyarakat Kota Batu. Sedangkan untuk faktor pendukung partisipasi strategi pelayanan terlihat  dengan antusias dari pegawai dan sarana prasarana pelayanan yang memadai. Sedangkan untuk faktor yang menghambat yang dihadapi adalah kurangnya sumber daya manusia, keterlambatan pelayanan dan kurangnya kesadaran dari masyarakat itu sendiri akan pentingnya membaca.

Kata Kunci: partisipasi masyarakat, strategi, manajemen pelayanan perpustakaan

Keywords

Kata Kunci: partisipasi masyarakat, strategi, manajemen pelayanan perpustakaan

Full Text:

PDF

References

Mukarom, Zaenal dkk. (2015). Manajemen Pelayanan Publik. Bandung: Pustaka Setia.

Mukarom, Zaenal and Wijaya, Muhibudin (2018) Membangun Kinerja Pelayanan Publik. Bandung: CV Pustaka Setia

Fitriani, (2017). Strategi Pustakawan dalam menumbuhkan minat baca siswa di Perpustakaan SMP Negeri 4 Alla Kabupaten Enrekang. Universitas Islam Negeri Alauddin Makasar. http://repositori.uin-alauddin.ac.id (Diakses pada Tanggal 24 0ktober 2018)

Purwono, (2013). Profesi Pustakawan Menghadapi Tantangan Perubahan, Yogyakarta: Graha Ilmu.

Suharman, (2017).Strategi pelayanan di Perpustakaan dalam meningkatkan minat baca siswa di Sekolah Dasar Negeri 200 Bulue.Universitas Islam Negeri Makasar.

http://repositori.uin-alauddin.ac.id (Diakses pada Tanggal 24 0ktober 2018)

Sugiyono. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif.dan Kuantitatif Bandung: CV. Alfabeta Zaenal Mukarom

Trihartina indah, (2013). Strategi Perpustakaan dalam meningkatkan minat baca mahasiswa pada Perpustakaan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Avicenna.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 43 Tahun 2007 Tentang Perpustakaan.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.