ANALISIS KEPUTUSAN PEMILIHAN MASYARAKAT ANTARA SURAT KABAR DAN RADIO DALAM PENYAMPAIAN BERITA POLITIK (BERDASARKAN PENGELOMPOKAN USIA KONSUMEN RADIO DAN SURAT KABAR DI KOTA SURABAYA)

Dwi Nuning Anggraeny, Rista Dwi Lestari, Dina Safira Putri

Abstract

Penyampaian informasi oleh media memiliki suatu karakteristik tertentu yang menjadikan suatu media memiliki daya tarik tertentu. Ciri khas yang menjadikan suatu media tetap bertahan dalam kerasnya gempuran persaingan dengan berbagai media terbaru. Tak terkecuali media cetak koran dan juga radio yang memiliki karakteristik tertentu sehingga tetap memiliki daya tarik bagi khalayak. Penelitian ini membahas tentang bagaimana pemilihan masyarakat antara penggunaan media koran dan radio dalam penyampaian berita politik. Semakin maju teknologi baik radio maupun koran kurang diminati oleh masyarakat. Apakah penurunan dalam  penggemar dari media radio dan koran memberikan dampak tersendiri. Klasifikasi pengelompokan usia penggemar radio dan koran dalam menentukan minat mereka dalam memperoleh informasi.   Serta efek dari pemberitaan politik berdasarkan usia yang sangat berpengaruh dalam kehidupannya. Metode yang digunakan dalam artikel ini dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan menggunakan sesuatu tata cara riset sesuai fakta – fakta yang terdapat terbaru yang menggabarkan bagaimana daya tarik antara media koran dan radio dalam penyampaian berita politik. Berdasarkan data yang diperoleh banyakya penurunan penggemar dari media koran dan surat kabar disetiap tahunnya khususnya untuk pulau jawa. Dan bagaimana partisipasi politik masyarakat terhadap pemberitaan yang disampaikan oleh media

Kata kunci : Pengelompokan Usia Penggemar, Perbandingan Daya Tarik, Partisipasi Politik, Pola Perilaku Masyarakat

The delivery of information by the media has certain characteristics that make a media have a certain appeal. Characteristics that make a media survive the intense competition with the latest media. Not to mention the print media, newspapers and radio, which have certain characteristics so that they still have an appeal to the public. This article discusses how public elections in the use of newspapers and radio media in delivering political news. Where because the more advanced technology, both radio and newspapers are less attractive to the public. Has the decline in radio and newspaper fans had its own impact. Radio and newspaper fans' age classification determines their interest in obtaining information. As well as the effects of political coverage based on age which is very influential in his life. The method used in this article uses a qualitative descriptive approach by using a research method according to the latest available facts that describe the attractiveness between newspapers and radio in delivering political news. Based on the data obtained, the number of fans decreased from newspapers and newspapers every year, especially for the island of Java. And how is the people's political participation in the news conveyed by the media

Keywords: Fan Age Grouping, Comparison of Attractiveness, Political Participation, Community Behavior Patterns

Keywords

Keywords: Fan Age Grouping, Comparison of Attractiveness, Political Participation, Community Behavior Patterns

References

Ardial. (2009). Komunikasi Politik. Jakata Barat : PT Mancanan Jaya Cemerlang.

Fatihudin, D. (2015). Metode Penelitian . Surabaya : Zifatama.

Henry , S., & Rachmah, I. Komunikasi Politik, Media, Dan Demokrasi Edisi Kedua.

John, V. (2015). Teori Komunikasi Massa Edisi Kedelapan. Jakarta: PRENADAMEDIA GROUP.

Nurhadi, Zikri, & Fachrul. (2015). Teori - Teori Komunikasi. Bogor: Galia Indonesia.

Stanley , J. B. Pengantar Komunikasi Massa Melek Media, Dan Demokrasi . Lilid 1, Edisi 5.

Stanley , J. B., & Dennis, K. D. Teori Dasar Komunikas Pergolakan Dan Masa Depan Massa Edisi 5. Salemba Humanika.

Stephen , W. L., & Karen , A. F. Teori Komunikasi . Salemba Humanika

Agung , S. (2016). Surat Kabar Sebagai Salah Satu Media Penyampaian Informasi Politik pada Partisipasi Politik Masyarakat. Jurnal Administrasi Publik, Vol 6, NO (2). Halaman 123 – 136.

Agung , S. (2016). Surat Kabar Sebagai Salah Satu Media Penyampaian Informasi Politik pada Partisipasi Politik Masyarakat. Jurnal Administrasi Publik, Vol 6, NO 2.

Anang, S. (2020). “New Media 3.0:Merancang Model Pemberdayaan Komunikasi Politik Yang Interaktif”. Aristo (Social, Politik, Humaniora),, Vol 08, NO (01), 57 – 75.

Hairul, I. H. (2018). Pemberitaan Media Cetak dalam Mempengaruhi Partai Politik untuk Menemukan Calon pada Pemilukada Tahun 2015. Communication Journal, Vol1, No.1. Halaman 81- 96.

Hefri, Y. (2017). Komunikasi Politik Media Surat Kabar Dalam Studi Pesan Realitas Politik Pada Media Cetak Riau Pos Dan Tribun. Jurnal Kajian Komunikasi, Vol 5, NO 2. Halaman 11 – 30.

Innayah, & Mariana , S. (2016). Peran serta Pendengar dan Lembaga Pemerintah dalam Siaran Radio Pendidikan. Jurnal Pekommas, Vol1, NO 1.Hakaman 21-23. .

Ulfa , Y. S., & Dra. Euis , E. M. (2019 ). Motif Pendengar Radio Di Era Perkembangan Teknologi Informasi( Studi Kepuasan Penggunaan Media pada Generasi Z Di Bandung). Jurnal Ilmu Komunikasi, Vo l 6, NO 2.

Yara , A., & Yudi , H. (2015). PERKEMBANGAN RADIO SEBAGAI ELEKTRONIK DI MADIUN TAHUN 1998 – 2013. Jurnal AGASTYA, Vol 5, NO 2.

Zainal , A. A. (2019). Integrasi Program Dakwa dan Budaya: Studi Etnografi Virtual Mediamorfosis Radio Nada FM Sumenep Madura. Jurnal Komunikasi Islam , Vol 09, No. 02. Halaman 239 – 263.

Zainal , A. A., & Syifa , S. A. (2015). HUBUNGAN ANATARA EKONOMI POLITIK MEDIA DENGAN STRATEGI UNTUK PEMOSISIAN RADIO UNTUK MENJAGA KEBERADAAN KOMERSIAL RADIO (STUDI KASUS JJFM RADIO DI SURABAYA). Konferensi Internasional Tentang Demokrasi dan Akuntabilitas (ICoDA), Halaman 188 – 193.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.