EFEKTIVITAS AKUN INSTAGRAM @JAKPOSTIMAGES DALAM PEMENUHAN KEBUTUHAN INFORMASI FOLLOWERS

Afifatul Laili, Garnis Dewi Rahmawati, Lizha Dzalila

Abstract

Instagram account @jakpostimages is an online-based news media that provides information about news in Indonesia and in delivering the news in English. The purpose of this research is to find out how effective the @jakpostimages Instagram account is in meeting the information needs of its followers. In this study, the research population was the followers of the @jakpostimages Instagram account. The sample used is as many as 100 people who were taken by non probability sampling technique. Researchers conducted a survey by distributing a questionnaire link to the followers of the @jakpostimages Instagram account through the direct messages feature. This research concludes that the @jakpostimages Instagram account has a high level of effectiveness in providing information to followers based on various factors such as the accuracy and clarity of news, the news language used is easy to understand, and provides satisfaction to followers regarding information that suits their needs.

Keywords: Effectiveness, Instagram, Information Needs

Akun Instagram @jakpostimages adalah media pemberitaan berbasis online yang memberikan informasi mengenai pemberitaan di Indonesia dan dalam penyampaian beritanya menggunakan Bahasa Inggris. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah mengetahui bagaimana efektivitas akun Instagram @jakpostimages dalam memenuhi kebutuhan informasi para followers-nya. Dalam penelitian ini, populasi peneliti adalah followers akun Instagram @jakpostimages. Sampel yang digunakan adalah sebanyak 100 orang yang diambil dengan teknik non probability sampling. Peneliti melakukan survei dengan menyebarkan link kuesioner kepada para followers akun Instagram @jakpostimages melalui fitur direct messages. Penelitian ini memberikan kesimpulan bahwa akun Instagram @jakpostimages memiliki tingkat efektivitas yang tinggi dalam memberikan informasi kepada followers yang didasari oleh berbagai faktor seperti akurat dan jelasnya sebuah berita, bahasa berita yang digunakan mudah dipahami, serta memberikan kepuasan kepada para followers terkait informasi yang sesuai dengan kebutuhan nya.

Kata Kunci: Efektivitas, Instagram, Kebutuhan Informasi

 

Keywords

Efektivitas, Instagram, Kebutuhan Informasi

Full Text:

PDF

References

Atmoko, Bambang Dwi. (2012). Instagram Handbook Tips Fotografi Ponsel. Jakarta: Media Kita.

Tubbs, S. L. & Moss, S. (2005). Human Communication: Prinsip-prinsip Dasar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Emeraldien, F. Z., Aulia, A. D., & Khelsea, Y. O. (2019). The Use Of Finstagram As A Platform For Self-Disclosure. JURNAL ILMU KOMUNIKASI, 2(2), 85-96.

Kusuma, Satria, “Posisi Media Cetak di Tengah Perkembangan Media Online di Indonesia”, InterAct, vol 5:1, 2016

Maribeth, "Maskulinitas Dalam Akun Instagram Influencer Laki-Laki", Jurnal Ilmu Komunikasi, vol 2:1, 2019

Helen, Helen, and Farid Rusdi, ‘Pengaruh Penggunaan Media Sosial Akun Instagram @Jktinfo Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi Followers’, Prologia, 2.2 (2019), 355

Arifin, Faisa Nugraha, “ Efektivitas Akun Instagram @filmnasional dalam Pemenuhan Kebutuhan Informasi Followers”, e-Proceeding of Management, vol, 2: 3, 2015.

Herlina, Novi, "Efektivitas Komunikasi Akun Instagram @sumbar_rancak Sebagai Media Informasi Online Pariwisata Sumatera Barat", JOM FISIP, vol. 4: 2, 2017.

Ambar, 2017. 20 Pengertian Media Sosial Menurut Para Ahli : https://pakarkomunikasi.com/pengertian-media-sosial-menurut-para-ahli

Andiny, Novia Dianita, dan Gartika Rahmasari, "Efektivitas Akun Komunitas @1000_guru_bdg dalam Pemenuhan Kebutuhan Informasi Followers" , PRofesi Humas , vol. 3 : 1, 2018.

Fauziah, Siti Nurbaiti dan Nofha Rina, "Efektivitas Akun Instagram @infobandungraya Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Infomasi Followers" , MEDIALOG , 2020.

Arifin , Faisa Nugra, "Efektivitas Akun Instagram @filmnasional Dalam Pemenuhan Kebutuhan Informasi Followers" , e-Proceeding of Management, vol 2: 3, 2015.

Helen, Farid Rusdi, "Pengaruh Penggunaan Media Sosial Akun Instagram @jktinfo Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi Followers"

Griselda, Shevina. 2018. "Efektivitas Aakun Instagram @komplek.hindunanisah Dalam Pemenuhan Kebutuhan Informasi Pesantren Tahfidz". Skripsi. Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam, Universitas Islam Negri Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Wulandari, Asri dan Nur Latifah Lutfiyati. "Efektivitas Penggunaan Akun Instagram @Larissacenter Sebagai Media Beriklan Larissa Aesthetic Center Berdasarkan Metode Customer Response Index (CRI)" , Channel Jurnal Komunikasi, vol 6 : 2, 2018.

Herawati, Siska. 2019. "Efektivitas Akun Instagram @lokerpalembang_terbaru Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi Lowongan Kerja Masyarakat Palembang". Skripsi. FISIP, Jurusan Ilmu Komunikasi, Universitas Sriwijaya.

Wijaya, Sastra (2010, 12 Maret). Media Cetak Bersaing Dengan Internet. Diakses pada 24 November 2020, dari https://www.bbc.com/indonesia/laporan_khusus/2010/03/100312_mediainternet

Helmy, Yunan. (2018, 9 November). Penjualan Koran dan Majalah Lesu karena Serbuan Media Online. Diakses pada 25 November 2020, dari https://jatimtimes.com/baca/182322/20181109/121500/penjualan-koran-dan-majalah-lesu-karena-serbuan-media-online

Ngafifi, Muhamad. (2014). KEMAJUAN TEKNOLOGI DAN POLA HIDUP MANUSIA DALAM PERSPEKTIF SOSIAL BUDAYA. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi. 2. 10.21831/jppfa.v2i1.2616.

Budiman, Haris. (2017). Peran Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pendidikan. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam. 8. 31. 10.24042/atjpi.v8i1.2095.

Syabrina, R. A. N. (2018). Efektivitas dan efisiensi komunikasi pada penyelenggaraan festival damar kurung gresik tahun 2017 (Doctoral dissertation, Universitas Airlangga).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.