PERAN MEDIA DIGITAL CAKRAJATIM.COM SEBAGAI FUNGSI KONTROL SOSIAL DI KABUPATEN SIDOARJO

Safira Tasya Nanda Sari, Devin Natasya Widyaningyun, Agus Widiyarta

Abstract

In this digital era, digital mass media is increasingly having a powerful impact for the people in Kabupaten Sidoarjo. Mass media is one of instruments in mass communication that filter and select news in what is happening around us including the preaching of the government that must be known by the public. Therefore, it’s expected to be able to provide an actual and incredible information so it can perform the role as a social control function to society. This topic is interesting to discuss with Cakrajatim.com as a research focus. This research was a qualitative research. Research data was collected through in-depth interview and observation. They were complemented with literature study and online research to obtain secondary data. Conclusion of this study shows that the media Cakrajatim.com has fulfilled his duties as a function of social control in Kabupaten Sidoarjo. The result of this research was expected to complete the gap of previous research where the digital era has not developed like this day and the internet /online media has a great influence on society.

Keywords: Control Social, Society, Press

Di era yang serba digital ini, media massa digital semakin memiliki pengaruh yang kuat bagi masyarakat di Kabupaten Sidoarjo. Media massa merupakan salah satu alat dalam proses komunikasi massa dan merupakan filter yang menyeleksi pemberitaan apa saja yang terjadi di sekitar termasuk pemberitaan dari pemerintah yang wajib diketahui oleh masyarakat. Maka dari itu, diharapkan mampu menyediakan informasi-informasi yang aktual dan terpecaya sehingga dapat melakukan perannya sebagai fungsi kontrol sosial bagi masyarakat. Topik ini menarik untuk dibahas dengan meneliti Cakrajatim,com sebagai fokus penelitian. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara mendalam dan observasi. Data tersebut dilengkapi dengan studi pustaka dan penelusuran online untuk memperoleh data sekunder. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa media Cakrajatim.com telah memenuhi tugasnya sebagai fungsi kontrol sosial di Kabupaten Sidoarjo. Hasil penelitian ini diharapkan melengkapi celah penelitian sebelumnya dimana era digital belum berkembang seperti saat ini dan internet/media online memiliki pengaruh yang besar terhadap masyarakat.

Kata Kunci: Kontrol Sosial, Masyarakat, Pers

Keywords

Press, society, control social

Full Text:

PDF

References

DAFTAR PUSTAKA

Rahmi. (2019). Kebebasan Pers dan Demokrasi di Indonesia. Jurnal Komunikasi dan Kebudayaan. Volume 06 Nomor 01

Fadli, Andi. (2018). Etika dan Tanggung Jawab Jurnalis (Studi Pemberitaan Hoax Melalui Media Online di Kota Makassar). Jurnalisa. Volume 04 Nomor 02

Digdoyo, Eko. (2018). Kajian Isu Toleransi Beragama, Budaya, dan Tanggung Jawab Sosial Media. Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan. Volume 03 Nomor 01

Indra, Venezia Ghassani. Sukowati, Praptining. (2016). Bentuk Hubungan Pers Dengan Pemerintaha Terkait Dengan Fungsi Media Sebagai Kontrol Sosial. Malang. Volume 01 Nomer 02

Susanto, Eko Harry. (2013). Media Massa, Pemerintah dan Pemilik Modal. Jurnal Komunikasi. Volume 01 Nomor 06

Rasid, Abd. (2011). Pola Interaksi Pers, Pemerintah dan Masyarakat Dalam Membentuk Sistem Pers Pancasila: Suatu Analisis Retrospektif. Jurnal Sosiohumaniora. Volume 13 Nomor 02

Qudratullah, Qudratullah. (2016). Peran dan Fungsi Komunikasi Massa. Jurnal Tablogh Edisi Desember. 41-46

Zubaidi, Ahmad. Moh, Wildan Jauhary. Lia, Lestari. (2020). Peran Media Digital Dalam Meningkatkan Partisipasi Politik: Studi Pada Tito.id di Yogyakarta. Jurnal Kawistara. Volume 10 Nomer. 01

Iqbal. (2020). Implementasi Teori Pers dalam Pemberitaan Harian Republika. Jurnal Prosiding Konferensi Nasional Komunikasi. Vol. 03 No. 01

Sholeh, Restu Mohammad. Djono, Sri Wahyuni. (2015). Revalitas Monumen Pres sebagai Salah Satu Cagar Budaya di Surakarta. Jurnal Candi. Vol. 10 No. 2

Awobamise, Ayodeji Olalekan. (2018). Increased Consumerism in a Networked-Nigeria: A Study on the Effect of E-Malls and Social Media pn Youth Spending. Journal of Digital Media & Interaction. Vol. 1 No. 2 (40-55)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.