CORPORATE SOSIAL RESPONSIBILITY PT. PLTU PAITON PADA KELOMPOK SWADAYA MASYARAKAT (KSM) BERBASIS KEARIFAN LOKAL
Abstract
Corporate Social Responsibility is a form of corporate social responsibility to the community in order to create optimal distribution of development. This study aims to describe the implementation of the PT. PLTU Paiton Corporate Social Responsibility (CSR) program as one of the community empowerment programs based on local wisdom (Local Wisdom) through optimization in the agricultural and tourism sectors in an effort to improve the local economy. The local wisdom strategy is one of the keys to the success and sustainability of PT. The Paiton PLTU was accompanied by the active involvement of the Bhinor Village Non-Governmental Organization (KSM). This study uses a descriptive qualitative method with a case study approach through direct observation and interview data collection techniques. The results of this study indicate that the involvement of community groups is very influential on the sustainability of empowerment programs based on local wisdom that are able to be in line with the times and the needs of local ommunities so that equitable distribution of development in the area can be realized optimally.
Keyword: Corporate Social Responsibility, Local Wisdom, Community Based Tourism, Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM)
Corporate Social Responsibility merupakan salah satu bentuk tanggungjawab sosial perusahaan kepada masyarakat demi terciptanya pemerataan pembangunan yang optimal. Penelitian ini bertujuan memaparkan implementasi program Corporate Social Responsibility (CSR) PT.PLTU Paiton menjadi salah satu program pemberdayaan masyarakat yang berbasiskan kearifan lokal (Local Wisdom) melalui optimalisasi dibidang sektor pertanian dan pariwisata dalam upaya peningkatan perekonomian masyarakat di daerah. Strategi kearifan lokal menjadi salah satu kunci keberhasilan dan keberlanjutan program CSR PT. PLTU Paiton disertai keterlibatan aktif dari Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) Desa Bhinor. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus melalui teknik pengumpulan data observasi langsung dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keterlibatan kelompok masyarakat sangatlah berpengaruh terhadap keberlangsungan program pemberdayaan yang berbasiskan pada kearifan lokal mampu selaras dengan perkembangan jaman dan kebutuhan masyarakat daerah sehingga pemerataan pembangunan didaerah dapat terwujud secara optimal.
Kata kunci: Corporate Social Responsibility; Local Wisdom, Community Based Tourism; Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM)
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Bengen, Diethriech. 2012. Cetakan ke 3 Menguat Realitas Dan Urgensi Pengelolaan Berbasis Eko Sosio Sistem Pulau-Pulau Kecil. Bogor: Pusat Pembelajaran Pengembangan Pesisir dan Laut (P4L)
Bengen, Diethriech. 2011, Jurnal Pesisir dan lautan. ISSN 1410-7821, Volume 3, No. 3, 2001.Bogor : PKSPL IPB
Daniri, Mas Achmad. Standarisasi Tanggungjawab Social Perusahaan. 2018
Ginandjar Kartasasmita.2019, Pemberdayaan Masyarakat: Konsep Pembangunan yang Berakar pada Masyarakat
Ife, Jim W. 2008. Community Development: Creating Community Alternatives-Vision Analysis And Practice. Longman: Melbourne
Novaria, R., Rohimah, A. (2017). Pengembangan Community Based Tourism sebagai Strategi Pemberdayaan Masyarakat dan Pemasaran Pariwisata di Wonosalam Kabupaten Jombang. FISIP Universitas Tujuh Belas Agustus 1945 Surabaya
Nasution. 2015. Metode penelitian Naturalisme Kualitaatif. Edisi pertama.
Satria, Arif. 2019. Pesisir Dan Laur Untuk Rakyat. Bogor. IPB Press
Sartini. 2014. Mengkaji Kearifan Lokal Nusantara Dalam Kajian Filsafat. Agustus, Jilid 37, Nomor 2
Suharto, Edi. 2017. Pekerjaan Sosial Di Dunia Industri; Memeperkuat Tanggungjawab Social Perusahaan (Corporate Social Responsibility). Bandung: PT. Refika Aditama.
Suryani, A. (2019). Strategi Pengembangan Pariwisata Lokal. STKIP PGRI Sumatera Barat
Suharto, Edi. 2017. Membangun Masyarakat Memberdayakan Rakyat Kajian Staretgis Pembangunan Kesejahteraan Sosial & Pekerjaan Sosial. Bandung: PT Refika Aditama
Suswojo, Bambang. 2012. Implementasi CSR, Urgensi dan Permasalahannya. Disampaikan dalam Pengukuhan Guruh Besar Managemen UM pada tanggal 7 November
Wagiran. 2012. Pengembangan Karakter Berbasis Kearifan Lokal Hamemayu Hayuning Bawana (Identifikasi Nilai-nilai Karakter Berbasis Budaya). Vol 02 No 3.
Yin, Robert K. 2008.Studi Kasus; Desain dan Metode. Jakarta: Rajawali Press
Refbacks
- There are currently no refbacks.