STARATEGI PEMERINTAH UNTUK MENINGATKAN PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PENYELENGGARAAN PEMERINTAHAN DESA

Nanang Bagus

Abstract

Public participation in every administration of government has a huge impact on the success of the programs to be run by the Government, because without community participation in government administration, the programs that will be run by the government will fail. Therefore, in order to increase community participation, the village government needs to implement strategies, such as Community Empowerment, Assistance, and Providing Space for Participation for the Community. This research is a qualitative research. Data collection techniques used by researchers are interviews, observation and documentation, and in analyzing data using data reduction techniques, data presentation, and conclusion drawing. The results showed that the strategy of the Landungsari Village Government in Increasing Community Participation, namely, community empowerment, mentoring, providing space for community participation, and also establishing good communication with the community. There are also supporting factors for increasing community participation, namely high productive age, community human resources, there are also servant factors such as awareness of the community itself about the importance of participation in government administration.

Keywords: Strategy, Participation, Governance

Partisipasi masyarakat disetiap penyelengaraan pemerintahan sangat membawa dampak besar bagi kesuksesan program yang akan dijalankan oleh Pemerintah, karena tanpa adanya partisipasi masyarakat dalam penyelenggaraan pemerintahan maka program-program yang akan dijalankan oleh pemerintah akan gagal. Oleh karena itu dalam rangka meningkatkan partisipasi masyarakat pemerintah desa perlu menerapkan strategi, seperti Pemberdayaan Masyarakat, Pendampingan, dan Memberikan Ruang Partisipasi Bagi Masyarakat. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah Wawancara, Observasi dan Dokumentasi, serta dalam menganalisia data mengunakan teknik Reduksi Data, Penyajian Data, dan Penarikan Kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi Pemerintah Desa Landungsari dalam Meningkatkan Partisipasi Masyarakat yaitu, pemberdayaan masyarakat, pendampingan, memberikan ruang partisipasi masyarakat, dan juga menjalin komunikasi yang baik dengan masyarakat. Ada pun  faktor  pendukung meningkatnya partisipasi masyarakat yaitu usia produktif yang tinggi, SDM masyarakat, ada juga faktor penghambanya seperti,kesadaran dari masyarakat itu sendiri terhadap pentingnya partisipasi dalam penyelenggaraan pemerintahan.

Kata Kunci :Strategi, Partisipasi,  Pemerintahan

Keywords

Strategi: Partisipasi: Pemerintahan:

Full Text:

PDF

References

Dunn. William N. 2013 . Analisis Kebijakan Publik. Jogyakarta . Gajah Mada

University Press

Richard S, Henry. 2012. Democratic Autonomy. USA : Oxford University Press

Salusu, J. 2015. Pengambilan Keputusan Strategi, untuknorganisasi publik dan organisasi non profit. Jakarta: PT. Grahamedia Widasarana Indonesia.

Solekhan. 2014. Penyelengaraan Pemerintahan Desa Berbasis Partisipasi Masyarakat. Malang: Setara Press

Suryono,Agus.2004. Pengantar Teori Pembangunan. Malang: UM Press.

Zoltan J. Acs. 2019. Entrepreneurship, Growth, and Public Policy. New York : Cambridghe University Press

Refbacks

  • There are currently no refbacks.