IMPLEMENTASI PELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN DAN CATATAN SIPIL DI DESA BUMIAJI KOTA BATU

Tiara Dewi Sekarningrum, Sonia S N, Rizki Aulia Adinda

Abstract

IT-based population admnistration service program is one of the programs that utilize technology created by the Department of Civil Registration and Civil Records of Batu City. Administrative services provided by the service unit in the form of recording, decision making, documentation and other activities that produce the final product in the form of documents. The public as users of public services certainly have hopes to get good public services from the government. In accordance with the Decree of the Minister of Empowerment of State Apparatus No. 63 of 2004 concerning General Guidelines for the Preparation of Public Satisfaction Index of Government Agency Service Units. The method used in this study is qualitative research with descriptive-analytical research type. The results showed that electronic-based public services in the population and civil service in the village of Bumi Aji have been running well can be seen from several aspects, namely the competence of officers, service costs, turnaround times, infrastructure facilities, procedures, and service products. From the results of the study showed that. (1) Supporting factors are the existence of good infrastructure (equipment of technology and information systems). (2) the factor of inhibition of service completion time that has not been effective due to frequent disruptions on the server network. In addition to the time problem, there are still many bumiaji villagers who do not know how to access the service properly and properly due to lack of socialization.

Keywords Civil Registration; Public Service; ICT Based

Program pelayanan admnistrasi kependudukan berbasis IT adalah salah satu program yang memanfaatkan tekonologi yang dibuat oleh Dinas Kependukan dan Catatan Sipil Kota Batu. Pelayanan administratif yang diberikan oleh unit pelayanan berupa pencatatan, pengambilan keputusan, dokumentasi dan kegiatan lainnya yang menghasilkan produk akhir berupa dokumen. Masyarakat sebagai pengguna layanan publik pasti memiliki harapan untuk mendapatkan pelayanan publik yang baik dari pemerintah. Sesuai dengan Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 63 tahun 2004 Tentang Pedoman Umum Penyusunan Indeks Kepuasan Masyarakat Unit Pelayanan Instansi Pemerintah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif-analitis. Hasil penelitian menunjukan pelayanan publik berbasis elektronik di dinas kependudukan dan pencacatan sipil di desa bumi aji sudah berjalan dengan baik dapat dilihat dari beberapa aspek yaitu kompentensi petugas, biaya pelayanan, waktu penyelesaian, sarana prasarana, prosedur, dan produk pelayanan. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa. (1) Faktor pendukung yaitu adanya sarana prasarana yang baik (perlengkapan sistem teknologi dan informasi). (2) faktor penghambat waktu penyelesaian pelayanan yang belum efektif karena sering terjadinya gangguan pada jaringan server. Selain masalah waktu, masih banyak juga warga Desa Bumiaji yang tidak mengetahui bagaimana cara mengakses pelayanan dengan baik dan benar dikarenakan minimnya sosialisasi.

Keywords: Pencatatan Sipil; Pelayanan Publik; Berbasis TIK

Keywords

Pencatatan Sipil, Pelayanan Publik

Full Text:

PDF

References

Edward III, & George C. (1980). Implementing Public Policy. Congressional Querterly Press.

Enitasari, R., & Hertati, D. (2019). Efektivitas Pelayanan Administrasi Kependudukan Berbasis Aplikasi Berkas Mlaku Dewe Di Kantor Kecamatan Sukodono Kabupaten Sidoarjo. Public Administration Journal of Research, 1(2), 137–150. https://doi.org/10.33005/paj.v1i2.16

Koli, A. R. A., & Firdausi, F. (2019). Efektivitas pelayanan publik di bidang kependudukan berbasis elektronik di dinas kependudukan dan pencatatan sipil kota batu. Jurnal Ilmu Sosial Dan IlmuPolitik, 8(4), 200–205.

Kurniawan, L. A. (2016). Implementasi Kebijakan Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN) Di Kecamatan Buduran, Kabupaten Sidoarjo. Kebijaan Dan Manajemen Publik, 4(3), 1–8.

Musaddad, A. A., Ahzani, W. . F., Susilowati, M., & Arif, L. (2020). Implementasi Sistem Pelayanan Rakyat Sidoarjo (Sipraja) Sebagai Inovasi Pelayanan Publik. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Natalia, & Firdausi, F. (2018). Sipil Kota Batu Dalam Meningkatkan Pelayanan. 7(1), 48–53.

Nurmandi, A., & Purnomo, E. P. (2011). Making the Strategic Plan Work in Local Government: a Case Study of Strategic Plan Implementation in Yogyakarta Special Province (YSP). International Review of Public Administration.

Rizq, S., Djamaludin, M. D., & Nurhadryani, Y. (2018). Analysis Of Service Quality Satisfaction Of E-Ktp Service At Public Administration And Civil Registration Office Of Bogor District. Journal of Consumer Sciences.

Stephen P. Osborne, Zoe Radnor, Kinder, T., & Vidal, I. (2015). The SERVICE Framework: A Public-service-dominant Approach to Sustainable Public Services. British Journal of Management.

Sudrajat, R. K., Setyowat, E., & Sukanto. (2010). Efektivitas Penyelenggaraan E-Government Pada Badan Pelayanan Perizinan Terpadu Kota Malang. Jurnal Administrasi Publik.

Widodo, J. (2021). Analisis Kebijakan Publik Konsep dan Aplikasi Analisis Proses Kebijakan Publik. Malang: Media Nusa Creative.

Zuriah, N. (2009). Metodologi Penelitian Sosial dan Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.