PENGARUH KULIAH BERBASIS ONLINE TERHADAP TINGKAT KEEFEKTIFAN KOMUNIKASI DI UNIVERSITAS NEGERI TIMOR SELAMA PANDEMI COVID-19

Maria Noventa Uskono, Herru Prasetya Widodo, M Abdul Ghofur

Abstract

Information and communication technology in education can be understood as a complex and integrated process that involves people, ideas, equipment, and organizations to analyze problems and manage problem solving that includes all aspects of learning. The purpose of this study was to determine the effect of online-based lectures on the level of effectiveness of communication during the Covid-19 pandemic at Timor State University. The method used in this study is a quantitative method and uses a simple regression analysis technique with an independent or independent variable (X) which in this study is the effect of online lectures while the dependent or dependent variable (Y) is the level of communication effectiveness. The data collection technique used is using a questionnaire or questionnaire. The results of this study are online lectures applied at the State University of Timor have an influence of 52.4% on the level of communication effectiveness, while the rest is influenced by other factors that are not included in this study of 47.6%.

Keywords : Technology and Communication, Online Lecture, Significant

Teknologi informasi dan komunikasi dalam pendidikan bisa dipahami sebagai suatu proses yang kompleks dan terpadu yang melibatkan orang, ide, peralatan, dan organisasi untuk menganilisis masalah dan mengelola pemecahan masalah tersebut yang mencakup semua aspek belajar. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kuliah berbasis online terhadap tingkat keefektifan komunikasi selama Pandemi Covid-19 di Universitas Negeri Timor. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dan menggunakan teknik analisis regresi sederhana dengan variabel independen atau bebas (X) yang mana dalam penelitian ini yaitu pengaruh kuliah online sedangkan variabel dependen atau terikat (Y) yaitu tingkat keefektifan komunikasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan angket atau kuesioner. Hasil dari penelitian ini adalah kuliah online yang diterapkan di Universitas Negeri Timor memberikan pengaruh sebesar 52,4% terhadap tingkat keefektifan komunikasi, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor-faktor lainyang tidak dimaksukkan dalam penelitian ini sebesar 47,6%.

Kata Kunci : Teknologi dan Komunikasi, Kuliah Online, Signifikan

Full Text:

PDF

References

Ayu Nendem Assyfa Putri dan Irwansyah (2021) EFEKTIVITAS KOMUNIKASI DALAM PEMBELAJARAAN ONLINE Jurnal Teknologi dan Informasi Bisnis ISSN : 2655 – 8238 Vol. 3 No.1 31Januari 2021 https://doi.org/10.47233/jteksis.v3i1.184 54Copyright@2021Prodi Sistem Informasi Universitas Dharma Andalas. di akses pada tangga 23 mMey 2021 20:19 wib

Darmawan, D. (2012). Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi.Bandung: Remaja Rosdakarya

Djamarah, Bahri Syaiful. 2004. Pola Komunikasi Orang Tua & Anak Dalamkeluarga. Jakarta: PT. Reneka Cipta

Dunlap, J. C., & Lowenthal, P. R. (2011). Getting Graphic About Infographics:Design Lessons Learned From Popular Infographics. Journal of VisualLiteracy,35(1),42–59. Retrievedfrom http://sci-hub.tw/https://doi.org/10.1080/105 1144X.2016.1205832

Febrianto. P. T (2020). Implementation of Online Learning during the Covid-19 Pandemic on Madura Island, Indonesia https://doi.org/10.26803/ijlter.19.8.13

Handrini Ardiyanti (2020) jurnal Vol. XII, No.7/I/Puslit/April/2020 Komunikasi Media Yang Efektif Pada Pandemi Covid-19 https://berkas.dpr.go.id/puslit/files/info singkat/Info%20Singkat-XII-15-I-P3DI-Agustus-2020-199.pdf diakses pada tanggal 23 Mei Pukul 23:00 Wib

Johnson, Daniel, Peter Sutton dan Neil Haris. (2001). Extreme Programming Requires. Extremely Effective Communication. Bandung: Remaja Rosdakarya

Latif Syapudin (2019) Efektifitas Media Komunikasi Di Tengah Pandemi: Respon Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Tulungagung https://doi.org/10.14421/kjc.12.06.2019. Diakses Pada tanggal 23 Mei Pukul 00:12 Wib

Nanang Martono, (2010). Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta. Rajawali Pers.

Prasety. T. A, (2020). Pengaruh Mutu Pembelajaran Online Dan Tingkat Kepuasan Mahasiswa Terhadap Hasil Belajar Saat Pandemi Covid19 Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan 17(2):188-197 DOI:10.23887/jptk undiksha.v17i2.25286. Di akses Pada tanggal 24 Mei 2021 Pukul 20:02

Rasimin. Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Mitra Cendekia, 2018

Rusman, 2012. Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru, RajaGrafindo Persada, Jakarta

Sudibyo, L. (2011) Peranan dan Dampak Teknologi Informasi dalam Dunia Pendidikan di Indonesia. Sukoharjo

Sugiyono, (2018). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: CVAlfabeta

Surat Edaran Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Republik Indonesia No.1 Tahun 2020. Tentang Pencegahan Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19), Di Perguruan Tinggi, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

WHO Resmi Sebut Virus Corona Covid-19 sebagai Pandemi Global. (Online). (https://www.kompas.com), diakses pada 01/07/2021, 11:23 WIB

Refbacks

  • There are currently no refbacks.