PELAKSANAAN KOORDINASI DINAS KESEHATAN KOTA PEKANBARU DAN BADAN PENGELOLAAN KEUANGAN DAN ASET DAERAH KOTA PEKANBARU DALAM PENGHAPUSAN ASET KENDARAAN DINAS OPERASIONAL KHUSUS (AMBULANCE)

Hendry Andry, Herman Herman, Junaini Rahmah

Abstract

Coordination is the unification of perceptions between different parts within the organization so that they work together in order to contribute to the organization to achieve its goals. The purpose of this study was to analyze and explain the implementation of the coordination of the Pekanbaru City Health Service and the Pekanbaru City Regional Financial and Asset Management Agency in deleting assets for special operational service vehicles (ambulance). The theory used for the measurement in this study uses a theory that includes communication, awareness of the importance of coordination, participant competency, agreement, commitment and coordination incentives, and planning continuity. The type used in this research is descriptive research with qualitative methods. The results of this study indicate that coordination between the two agencies has been carried out, but there are still things that have not run optimally, namely coordination of preparing vehicle documents both before they were deleted and after they were deleted, more intensive communication, employee capabilities, and maximum participation. The two agencies must play a more optimal role by increasing their performance in order to coordinate so that what has been determined will be optimally achieved.


Koordinasi merupakan penyatuan persepsi antara bagian-bagian yang dberbeda didalam organisasi agar saling bekerjasama dalam rangka memberikan sumbangsih kepada organisasi untuk mencapai tujuan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan menjelaskan pelaksanaan koordinasi Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru dan Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kota Pekanbaru dalam penghapusan asset Kendaraan Dinas Operasional Khusus (ambulance). Teori yang digunakan untuk pengekuruan dalam penelitian ini menggunakan teori yang meliputi komunikasi, kesadaran pentingnya koordinasi, kompetensi partisipan, kesepakatan, komitmen dan insentif koordinasi serta kontinuitas perencanaan. Tipe yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan metode kualitatif. Adapun hasil dari penelitian ini bahwa koordinasi antara kedua intansi telah dilakukan, namun masih terdapat hal-hal yang belum berjalan maksimal dinataranya adalah koordinasi mempersiapakan surat-surat kendaraan baik sebelum dihapus maupun telah dihaspus, komunikasi yang lebih instensif, kemapuan pegawai, partisipasi secara maksimal. Kedua intansi harus berperan lebih maksimal dengan cara meningkatkan kinerjanya dalam rangka melakukan koordinasi agar apa yang telah ditentukan akan tercapai secara maksimal.

Keywords

Ambulance, Koordinasi, Penghapusan Aset

Full Text:

PDF

References

Arif Rahman Putra, Didit Daermawan, E. A. S. (2017). Pengawasan dan Koordinasi Kerja Serta Pengaruhnya Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan. Akuntabilitas: Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Ekonomi, 10(2), 12–24.

Asmu, H., Haris, I., & Lamatenggo, N. (2018). Keefektifan koordinasi kepala sekolah dalam mengintegrasikan program dan kegiatan di SMA Negeri 1 Manangu Kabupaten Boalemo. Jurnal Riset Dan Pengembangan Ilmu Pengetahuan, 3(1), 87–94.

Bagaskara, M., Harris, A., & Nugroho, A. (2019). Perancangan Aplikasi Layanan Jasa Ambulance Di Kota Jambi Berbasis Android. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Teknik Informatika, 1(4), 263–275.

Febrian, F., & Yusran, R. (2021). Koordinasi Dalam Implementasi Kebijakan Pencegahan Stunting Di Kota Padang. Jurnal Manajemen Dan Ilmu Administrasi Publik (JMIAP), 3(1), 11–21. https://doi.org/10.24036/jmiap.v3i1.214

Fitri, Y., Budi, I., & Sunarsih, E. (2013). Coordination of Recording and Reporting Maternal and Child Health in Health Centre At Working Area of Health Department of Padang City. Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat, 4(1), 48–55.

Hasmawati, F. (2018). Manajemen Dalam Komunikasi. Al-Idarah, 5(6), 76–86.

Munawar, H. (2017). Pengaruh Pelaksanaan Kebijakan Pengembangan Agama Islam terhadap Koordinasi Penyuluh dengan Pengawas Pendidikan Agama Islam untuk Mewujudkan Efektivitas Program Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Universitas Galuh, 11(01), 18–25.

Nuraplina, P., & Herman, H. (2018). Evaluasi Pelaksanaan Kebijakan Peraturan Daerah Indragiri Hulu Nomor 3 Tahun 2014 Tentang Perlindungan Anak (Studi Kasus Maghrib Mengaji Kebijakan Kota …. PUBLIKA: Jurnal Ilmu Administrasi Publik, 4(2), 299–318. https://journal.uir.ac.id/index.php/JIAP/article/view/3600%0Ahttps://journal.uir.ac.id/index.php/JIAP/article/download/3600/1894

Nurul, H. A., Fatmawati, & Nasrul, H. (2021). Koordinasi Pemerintah Desa Dalam Upaya Pemberdayaan Kelompok Tani Di Desa Bontomarannu Kabupaten Gowa. Kajian Ilmiah Mahasiswa Administrasi Publik (KIMAP), 2(2), 694–710. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/kimap/index

Perwako, K. P. (2018). Peraturan Walikota Pekanbaru Nomor 100 Tahun 2018 Tentang Tata Cara Pemakaian Kendaraan Dinas.

Rachmayuniawati, Y. (2018). Pengaruh Komunikasi Internal dan Koordinasi Terhadap Efektivitas Kerja pada Pegawai Rumah Sakit Prasetya Bunda Tasikmalaya. JIMFE (Jurnal Ilmiah Manajemen Fakultas Ekonomi), 4(1), 67–80.

Rahman, A. (2017). REFUNGSIONALISASI KELEMBAGAAN KECAMATAN DALAM KOORDINASI BIDANG KESEHATAN DI KECAMATAN MARPOYAN DAMAI TAHUN 2016. Jurusan Ilmu Pemerintahan Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Riau, 4(2), 1–15. https://medium.com/@arifwicaksanaa/pengertian-use-case-a7e576e1b6bf

Rahmawati, G. M. (2018). Pola Komunikasi Dalam Keluarga. Al-Munjir, 11(2), 163–181.

Ramdhany, I., & Djumiarti, T. (2015). Faktor-Faktor dalam Koordinasi Lintas Sektoral Pengelolaan Drainase di Kota Semarang. Fisip Undip, 1–16.

Rusnaini, S., Darmawanto, Poiran, Elsyra, N., & Hamirul. (2021). Peran Dinas Kesehatan Dalam Koordinasi Dan Pembangunan Penyediaan Air Minum Sanitasi Berbasis Masyarakat. Jurnal Akuntansi Manajemen Bisnis Dan Teknologi, 1(1), 110–119.

Saputra, E. (2016). Tantangan Dalam Koordinasi Jaminan Kesehatan Aceh. Jurnal Kependudukan Indonesia, 8(1), 17–27. ejurnal.kependudukan.lipi.go.id

Talibo, I. (2018). Fungsi Manajemen dalam Perencanaan Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Iqra’, 7(1). https://doi.org/10.30984/jii.v7i1.606

Tangkuman, S., & Mulalinda, V. (2014). Efektivitas Penerapan Sistem Dan Prosedur Akuntansi Aset Tetap Pada Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan Dan Aset Daerah Kabupaten Sitaro. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 2(1), 521–531.

Trisnawati, L., Syamsuadi, A., Hartati, S., & Reskiyanti, I. (2021). Koordinasi Pemerintah dan Swasta dalam Program Corporate Social Responsibility (CSR) School Improvement di Kabupaten Pelalawan. Journal of Governance and Local Politics (JGLP), 3(2), 115–123. https://doi.org/10.47650/jglp.v3i2.295

Tukunang, S. C. F. (2016). Manajemen Aset Daerah Pada Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan Dan Aset Daerah Kabupaten Kepulauan Siau, Tagulandang, Biaro Areas. Jurnal EMBA, 4(2), 236–253.

Waliyudin, M. F., Ningsih, I. W., & Susanti, E. (2022). Koordinasi Dalam Upaya Percepatan Penurunan Dan Pencegahan Stunting Di Kabupaten Kuningan 14. JANE (Jurnal Administrasi Negara) (1), 404–410.

Wibawa, M. B., & Mujibullah, M. (2019). AMBULANCE TRACKING SYSTEM BERBASIS WEB PADA RUMAH SAKIT UMUM DAERAH dr. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH. Journal of Informatics and Computer Science, 5(2), 123. https://doi.org/10.33143/jics.vol5.iss2.550

Widya, D., & Ningrum, N. (2019). Pengaruh Koordinasi terhadap Efektivitas Penanggulangan HIV / AIDS Kabupaten Sumedang The Influence of Coordination on The Effectiveness of HIV / AIDS Prevention in Sumedang Regency. 7(1), 12–18.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.