STRATEGI KOMISI PEMILIHAN UMUM DALAM UPAYA MENINGKATKAN PARTISIPASI POLITIK MASYARAKAT PADA PEMILIHAN UMUM KEPALA DAERAH

Petrus Gleko, Agung Suprojo, Asih Widi Lestari

Abstract

Abstract: People political participation in regional leader election is an important aspect so General Election Comission (KPU) use special strategy to improve people participation in regional leader election application. The research uses qualitative research method with data collection technique in form of interview, observation, and documentation. It took place in General Election Commission (KPU) of Malang Regency. Informer in this research are KPU commissioner, with purpossive sampling technique. To review data validity. Research result are: 1. KPU of Malang Regency strategy in improving people participation in regional leader election of 2015, seen from three phases, they are formulation, which shown a clear socialization plan from KPU. Second phase is election, KPU do socialization to eight voters segments by their socialization method, which is direct meetup face by face, also mass media usage with their application adjusted with segment characterization. Third phase is resource allocation, which is by doing technical guiding to ad hoc committee. 2. Obstacles faced by KPU are the minimum budget, people aphaty responses, and limited KPU’s personnels amount.

Keywords: Strategy, Political participation, Regional leader election

Abstrak: Partisipasi politik masyarakat pada pelaksanaan pemilukada merupakan suatu aspek yang sangat penting sehingga Komisi Pemilihan Umum menggunakan strategi khusus untuk meningkatkan partisipasi masyarakat pada pelaksanaan pemilukada. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah Komisioner KPU, dengan penarikan sampel menggunakan purposive sampling. Hasil penelitian ini adalah: 1.Strategi KPU Kabupaten Malang dalam meningkatkan partisipasi politik masyarakat pada pemilukada Tahun 2015 dilihat dari tiga tahapan yaitu tahapan formulasi menunjukan ada kejelasan perencanaan sosialisasi dari KPU. Kedua tahap pemilihan tindakan, KPU melaksanakan sosialisasi kepada delapan segmen pemilih dengan metode sosialisasinya yaitu berupa tatap muka serta penggunaan media massa dengan pola pelaksanaanya disesuaikan dengan karakteristik segmen yang dituju. Ketiga tahap alokasi sumber daya yaitu dengan melakukan bimbingan teknis kepada panitia ad hoc. 2.Kendala yang dialami oleh KPU yaitu berupa minimnya anggaran, sikap apatis masyarakat, serta jumlah personil KPU yang terbatas.

Kata Kunci: Strategi, Partisipasi Politik, Pemilukada

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.