EFEKTIVITAS PELAYANAN PROGRAM E-KTP PADA MASYARAKAT

Ardi Perdana, Agung Suprojo, Ach. Bardjan Saleh

Abstract

Abstrak: Pendataan identitas e-KTP merupakan program yang digalakan Pemerintah yang memuat semua sistem keamanan Administrasi berbasis data Base, dengan e-KTP diharapkan dapat memiliki NIK yang digunakan seumur hidup dalam permasalahan Administratif kependudukan. Namun dalam pelaksanaan masih banyak yang mempertanyakan tingkat ke efektivitasan pemberlakuan sistem tersebut dari segi proses pembuatan sampai dengan funsi kegunaan e-KTP jangka panjang.Dalam penelitian ini menggunakan metode kuaitatif dengan menggunakan langkah-langkah pengumpulan data melalui Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Adapun untuk menganalisa data menggunakan analisa Reduksi Data, Penyajian Data, Penarikan, Kesimpulan dan Verifikasi. Dalam penelitian yang telah dilakukan, proses suatu kesimpulan; 1) Pelaksanaan Program E-KTP yang diberikan sudah cukup baik. 2) Faktor pendorong dan penghambat diantaranya adalah terciptanya pelayanan yang sesuai dengan diharapkan dan prasarana yang tercukupi serta Sumber Daya Manusia yang memadai, Adapun penghambat yaitu masyarakat yang berada diluar Daerah. 3) efektivitas pelayanan yang diberikan sudah cukup baik, sehingga terciptanya pelayanan public yang baik.

Kata Kunci: Efektivitas, Pelayanan, e-KTP.

Abstract: Documenting the identity of an e-KTP Government published program containing all the data security system based administration Base, by e-KTP NIK is expected to have a lifetime in Administrative problems of population. But in peaksanaan still many who question the extent to effectiveness implementation of the system in terms of the process of making up the utility function is a long-term e-KTP. In this study kuaitatif method by using the steps of collecting data through observation, interviews, and documentation. The analysis to analyze the data using Data Reduction, Data Presentation, Withdrawal, Conclusions and Verification. In research that has been done, the process to a conclusion: 1) Implementation of e-KTP Program given is good enough. 2) driving and inhibiting factors such as the creation of services that meet expected and adequate infrastructure and adequate human resources, The inhibitor of the people who are outside the area. 3) the effectiveness of the service provided is good enough, so the creation of good public service.

Keywords: Effectiveness, services, e-KTP.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.