PERBANDINGAN PENDAPATAN PAJAK REKLAME 2009, 2010, 2011

Titus Tae Bahan, Sugeng Rusmiwari, Ignatius Adiwidjaja

Abstract

Abstrak: Dalam mengelola sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD) mempunyai berbagi rencana strategi kebijakan dan program. Dalam menggali berbagai Pendapatan Asli Daerah disesuaikan dengan situasi dan kondisi daerah dengan berlandaskan pada Peraturan Daerah. Makin tinggi pendapatan asli daerah semakin menjamin terselenggaranya otonomi daerah yang luas, nyata, dinamis dan bertanggung jawab. Dengan demikian upaya untuk menggali dan mengelola sumber daya pendapatan asli daerah mempunyai peran yang sangat penting untuk menyelenggarakan pembangunan di daerah. Penelitian ini di lakukan di Dinas Pendapatan Daerah Kota Malang. Metode penelitian yang digunakan bersifat kualitatif, dengan cara mendeskripsikan dan mengungkapkan masalah dan keadaan apa adanya. Pengambilan informan mempergunakan teknik purposive sampling, sedangkan teknik pengumpulan data melalui interview, observasi dan dokumentasi. Data dianalisis melalui tiga tahapan, yakni reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil Penelitian menunjukan bahwa selama kurun waktu 3 ( tiga) tahun pendapatan pajak reklame mengalami perbedaan dari tiap-tiap tahunnya, pajak reklame juga memberi masukan kepada kas daerah yang sangat besar, Faktor-faktor yang menjadi penghambat dalam penanganan pendapatan pajak reklame, a. Kurangnya pembinaan terhadap seluruh perangkat Dinas.b. Rendahnya kesadaran masyarakat.

Kata Kunci: Pendapatan Pajak Reklame, Pendapatan Asli Daerah

Abstract: In managing thelocal revenue sources (PAD) government has strategic policy plans and programs.Incollecting for PAD it needs to adapt tolocal circum stances based onlocal regulations. The higher revenue,the more extensive implementation of regional autonomy which is real, dynamic, and responsible .Thus, efforts to explore and cultivatere sources PAD havea very important roleto organize development in the region. This research was conducted at the Department of Revenue of Malang City.This is aqualitative research met hod by descry bingan dexpressing problems and circumstances. The informant conducted by using purposive sampling technique, whilethe techniques of collecting data were by interviews, observation, and documentation. The data were analyzed through there phases, namely data reduction, data presentation, and conclusion. The results showed that during the 3 years period, Advertising Tax Income has differences for each years, Advertising Tax Income also provide da lot of revenue to thecash. The factor sob structing thead verti sement taxin come is less development or training to all officers and low public awareness.

Keywords: Advertising Tax Income, Revenue

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.