KESENJANGAN GENDER (PEREMPUAN) DALAM MENDAPATKAN PENDIDIKAN PADA MASYARAKAT PEDESAAN

Veronika Incing, Willy Tri Hardiyanto, Sugeng Rusmiwari

Abstract

PENDAHULUAN
Pendidikan merupakan salah satu proses transformasi pembangunan mendasar yang berperan penting dalam pergerakan pembangunan. Pendidikan juga sangat berpengaruh terhadap keadaan lingkungan dan kehidupan sosial masyarakat itu sendiri yang dimana ditandai dengan adanya perubahan sikap, pola pikir, yang dilakukan oleh setiap masyarakat masyarakat tersebut dalam berkontribusi dibidang pembanguna. Namun pada kenyataannya, pendidikan di Indonesia sekarang ini masih menunjukkan kualitas yang rendah. Kenyataan yang justru terjadi dengan pendidikan di negara yang begitu luas ini adalah pendidikan tidak merata ke seluruh penjuru nusantara,dan diera pembangunan yang sedang gencar-gencarnya ini, kesenjangan pendidikan masih dirasakan oleh kaum gender di Desa Tugurejo Blitar Jawa Timur.
Seperti mana yang penulis amati pada masyarakat atau penduduk Desa Tugurejo kebanyakan kaum wanitanya atau ibu-ibu disana hanya bisa menyelesaikan pendidikan di tingkat sekolah dasar saja (SD) bahkan banyak juga yang tidak merasakan pendidikan sama sekali dan tentunya hal ini berdampak terhadap tingkat kualitas dan kesejahteraan kaum gender di Desa Tugurejo Blitar Jawa Timur yang rendah, sehingga pekerjaan mereka rata-rata hanya sebatas peteni tradisional dan ibu rumah tangga saja. Karena rendahnya kualitas pendidikan di Desa ini menyebabkan sumber daya manusia yang rendah pula sehingga membuat Desa tersebut menjadi sulit untuk berkembang dan menjadikan Desa ini sebagai salah satu desa tertingal terutama dalam bidang pembangunannya.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.